DWI , AGUSTINA ROMIYATUN (2012) PENGEMBANGAN MOBILE GAME “BRAINCHEMIST” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA PADA MATERI TEORI ATOM MEKANIKA KUANTUM, IKATAN KIMIA, DAN TERMOKIMIA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover - 08303241026.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 - 08303241026.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 - 08303241026.pdf Download (909kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 - 08303241026.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran - 08303241026.pdf Download (18MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan mobile game “Brainchemist” sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA pada materi teori atom mekanika kuantum, ikatan kimia, dan termokimia, mengetahui kualitas mobile game “Brainchemist” berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA, dan mengetahui penilaian dan pendapat siswa terhadap mobile game “Brainchemist” sebagai media pembelajaran SMA/MA pada materi teori atom mekanika kuantum, ikatan kimia, dan termokimia. Mobile game “Brainchemist” ini dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), namun pada penelitian ini dibatasi hingga tahap implementasi. Produk awal ditinjau oleh 1 ahli materi, 1 ahli IT, dan 3 peer reviewer. Penilaian kualitas produk dilakukan berdasarkan aspek materi dan soal, kebahasaan, keterlaksanaan, tampilan audio dan visual, dan rekayasa perangkat lunak. Data penilaian diperoleh dari hasil isian angket dengan skala Likert oleh 5 guru kimia SMA dan 25 siswa SMA kelas XI IPA. Hasil penelitian ini berupa mobile game “Brainchemist” sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA pada materi teori atom mekanika kuantum, ikatan kimia, dan termokimia yang dapat dijalankan pada mobile phone dengan sistem operasi Android. Berdasarkan penilaian dari guru kimia, mobile game “Brainchemist” memperoleh skor rata-rata ( ̅ ) 111,8 dan berada pada rentang skor ̅ > 105,006, sehingga termasuk dalam kriteria kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 89,44%. Berdasarkan penilaian dari siswa, mobile game “Brainchemist” memperoleh skor rata-rata ( ̅ ) 79,04 dan berada pada rentang skor 64,602 < ̅ ≤ 79,806, sehingga termasuk dalam kriteria kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan 83,2%. Siswa berpendapat bahwa mobile game “Brainchemist” ini menarik, menyenangkan, dan menambah ketertarikan dalam mempelajari kimia. Mobile game “Brainchemist” layak dijadikan sebagai media pembelajaran kimia SMA/MA pada materi teori atom mekanika kuantum, ikatan kimia, dan termokimia. Kata kunci: Media Pembelajaran, Mobile game “Brainchemist”, Android, Teori Atom Mekanika Kuantum, Ikatan Kimia, Termokimia, ADDIE
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Mobile game “Brainchemist”, Android, Teori Atom Mekanika Kuantum, Ikatan Kimia, Termokimia, ADDIE |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Dec 2012 04:47 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8370 |
Actions (login required)
View Item |