IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

NINNDA, FATMANIA (2012) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-08201244026.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-08201244026.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-08201244026.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-08201244026.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-08201244026.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kreatif puisi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua siklus. Pada siklus I siswa melakukan kegiatan menulis kreatif puisi dengan pendekatan proses yang diakhiri dengan pembacaan di depan kelas sebagai cara publikasi. Pembelajaran pada siklus II siswa melakukan kegiatan menulis kreatif puisi dengan pendekatan proses yang disertai dengan diskusi, hasil publikasi pada siklus II dilakukan melalui internet dengan membuat blog. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 15 Yogyakarta, yang berjumlah 34 siswa dan objek penelitian berupa proses pembelajaran menulis kreatif puisi dengan menggunakan pendekatan proses. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa pengamatan, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengna cara analisis deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menganalisi data yang berupa deskripsi diserta dengan perhitungan sederhana, dan penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis kreatif puisi dapat ditingkatkan melalui pendekatan proses. Secara proses keberhasilan ditunjukkan dengan peningkatan keaktifan siswa, kegiatan belajar lebih komunikatif dan bermakna dengan adanya diskusi yang berlangsung, serta pembelajaran dapat berjalan dengan menyenangkan yang terlihat dari perilaku siswa yang tidak mengeluh ketika pembelajaran berlangsung. Ketrampilan siswa secara produk ditunjukkan dengan hasil yang meningkat pada setiap akhir siklus. Aspek penilaian meliputi 5 aspek yaitu diksi, gaya bahasa, kesesuaian judul dan tema, pemajasan, dan amanat. Berdasarkan 5 aspek tersebut diperoleh rerata pada pratindakan sebesar 65, sedangkan pada akhir siklus kedua rerata siswa meningkat menjadi 80, sehingga dari kegiatan prasiklus sampai siklus kedua telah terjadi kenaikan sebesar nilai sebesar 15. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan proses dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis kreatif siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 04:46
Last Modified: 29 Jan 2019 17:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8367

Actions (login required)

View Item View Item