Analisa Masalah-Masalah Yang Dihadapi Pelajar Yang Menjadi Atlet

Irfiansyah, Almayda Deca (2024) Analisa Masalah-Masalah Yang Dihadapi Pelajar Yang Menjadi Atlet. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_almayda deca irfiansyah_20601244025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui berbagai masalah apa yang dihadapi seorang pelajar atlet dalam kegiatan sehari hari untuk menyeimbangkan prestasi akademik dan prestasi olahraga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan Maret sampai Mei 2024. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMPN 1 Kalasan. Partisipan terdiri dari 5 orang peserta didik Data yang didapat penulis pada penelitian ini berupa sebuah naskah dan rekaman hasil wawancara dan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan obsevasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri dengan memperhatikan protokol atau pedoman wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu penyajian data, reduksi data, dan penarikan simpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelajar atlet menghadapi tantangan signifikan dalam menjaga keseimbangan antara prestasi akademik dan prestasi olahraga Faktor-faktor seperti kelelahan fisik dan mental serta tekanan dari keluarga, teman, guru, dan pelatih mempengaruhi pilihan dan prioritas mereka. Beberapa pelajar atlet cenderung memprioritaskan prestasi olahraga, sementara yang lain lebih fokus pada prestasi akademik. Tantangan utama bagi mereka yang berusaha menyeimbangkan kedua bidang adalah pengaturan waktu yang efisien dan efektif serta pengelolaan tekanan dari berbagai arah. Hal yang harus diperhatikan dalam menjalani kehidupan sebagai seorang pelajar atlet adalah komitmen, disiplin, dan dukungan kuat baik dari segi materi maupun emosional.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sujarwo, M.Or.
Uncontrolled Keywords: keseimbangan, pelajar atlet, prestasi akademik, prestasi olahraga, tantangan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Oct 2024 04:28
Last Modified: 11 Oct 2024 04:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83640

Actions (login required)

View Item View Item