PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA

Nugroho, Catur Setyo (2024) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam muatan mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri Deyangan 1. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS menggunakan metode pembelajaran role playing pada peserta didik kelas IV SD Negeri Deyangan 1. Rendahnya hasil belajar dibuktikan melalui observasi dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mono cycle atau Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari satu siklus. Di mana setiap siklus meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan dan observasi, dan (3) refleksi. Subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas IV SD Negeri Deyangan 1 yang terdiri dari 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Deyangan 1 pada mata pelajaran IPAS dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode pembelajaran role playing yang ditandai dengan meningkatnya presentase hasil belajar peserta didik. Rata-rata hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPAS pada pra siklus adalah 67,9 dengan presentase 41,93% peserta didik yang mencapai KKM, kemudian rata-rata siklus I adalah 89,35 dengan presentase peserta didik yang mencapai KKM adalah 87,09%. Metode pembelajaran dapat membantu peserta didik mempermudah memahami materi. Bagi pendidik penggunaan metode ini dapat dijadikan pilihan metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sekolah dasar dan bagi peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar. Kata kunci: hasil belajar peserta didik, metode pembelajaran, role playing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Oct 2024 06:55
Last Modified: 07 Oct 2024 06:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83624

Actions (login required)

View Item View Item