PROFILE ANALYSIS VIA MULTIDIMENSIONAL SCALING (PAMS) DAN APLIKASINYA UNTUK MENGGAMBARKAN POLA PROFIL NILAI UJIAN SEKOLAH

Lingga , Pramudhitasari (2012) PROFILE ANALYSIS VIA MULTIDIMENSIONAL SCALING (PAMS) DAN APLIKASINYA UNTUK MENGGAMBARKAN POLA PROFIL NILAI UJIAN SEKOLAH. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Ijin Penelitian Balaikota.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Ijin Penelitian Kampus.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Analisis profil merupakan metode penggambaran profil seseorang atau kelompok dengan menggunakan plot untuk memvisualisasikan individu maupun kelompok jika dilihat dari nilai tes. Terdapat dua metode yang sering digunakan dalam analisis profil, yaitu analisis cluster dan Modal Profile Analysis (MPA). Namun, kedua metode itu memiliki kelemahan, sehingga terdapat metode baru untuk analisis profil yaitu Profile Analysis via Multidimensional Scaling (PAMS) yang mempunyai kelebihan dibandingkan dengan metode analisis profil yang lain. PAMS merupakan teknik analisis profil dengan menggunakan metodologi multidimensional scaling untuk memodelkan profil seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan PAMS dan prosedur-prosedurnya serta mengaplikasikan PAMS untuk menggambarkan pola profil nilai ujian sekolah. Persamaan model PAMS yaitu . Langkah- langkah untuk melakukan PAMS adalah: 1) analisis multidimensional scaling sederhana dengan program ALSCAL (Alternating Least Squares Scaling) untuk mengestimasi nilai skala, 2) mengestimasi parameter subjek dengan metode least square, 3) mengestimasi standar error dari nilai skala dengan metode bootstrap, 4) melakukan uji signifikansi nilai skala dengan statistik uji Pada penelitian ini, PAMS diaplikasikan untuk menggambarkan pola profil nilai ujian sekolah dengan siswa sebagai respondennya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data nilai UAS siswa kelas IX SMP Negeri 5 Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011. Variabel yang digunakan adalah subtes UAS. Subtes UAS meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, Agama, PKn, IPS, Seni Budaya, Penjaskes, dan TIK. Setelah dilakukan analisis diperoleh 2 profil laten (dimensi) , namun hanya profil laten 1 yang signifikan. Profil laten 1 diberi nama profil AGM versus IPS yang menggambarkan pola nilai ujian tertinggi pada mata pelajaran Agama dan nilai ujian terendah pada mata pelajaran IPS. Siswa yang memiliki bobot korespondensi besar pada profil laten 1, maka pola profil siswa tersebut cenderung mirip dengan pola profil laten 1, yang artinya bahwa siswa tersebut mungkin memiliki nilai ujian tertinggi pada mata pelajaran Agama atau nilai ujian terendah pada mata pelajaran IPS. Analisis perbedaan kelompok menurut jenis kelamin menunjukkan bahwa pola profil siswa laki-laki dan perempuan juga cenderung mengikuti pola profil laten 1. Kata Kunci: Multidimensional Scaling, Analisis Profil, PAMS.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multidimensional Scaling, Analisis Profil, PAMS.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 04:46
Last Modified: 29 Jan 2019 17:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8362

Actions (login required)

View Item View Item