PENYUSUNAN MODUL TENTANG KEANEKARAGAMAN CENDAWAN DI KAWASAN TLOGO MUNCAR TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR MATERI FUNGI UNTUK SISWA SMA KELAS X SEMESTER 1

Heni Puji, Rahayu (2012) PENYUSUNAN MODUL TENTANG KEANEKARAGAMAN CENDAWAN DI KAWASAN TLOGO MUNCAR TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR MATERI FUNGI UNTUK SISWA SMA KELAS X SEMESTER 1. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover (07304241025).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
bab 1 (07304241025).pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
bab 2 (07304241025).pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
bab 5 07304241025).pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text
lampiran (07304241025).pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman Cendawan di kawasan Tlogo Muncar, mengetahui apakah penelitian tentang keanekaragaman cendawan di kawasan Tlogo Muncar dapat dijadikan salah satu alternatif sumber belajar biologi materi fungi yang dikemas sebagai bahan ajar dalam bentuk modul pembelajaran untuk siswa SMA kelas X, mengetahui penyusunan bahan ajar materi fungi dalam bentuk modul, mengetahui kualitas bahan ajar dalam bentuk modul yang telah disusun berdasarkan penilaian Reviewer. Penelitian ini meliputi tiga tahap penelitian yaitu penelitian keilmuan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, penelitian pengangkatan sebagai sumber belajar, dan penyusunan bahan ajar dalam bentuk modul dengan menggunakan metode penelitian Research and Development. Obyek dalam penelitian adalah Cendawan di kawasan Tlogo Muncar Taman Nasional Gunung Merapi dan faktor lingkungan yang meliputi suhu udara, suhu tanah, kelembaban udara, intensitas cahaya, pH, dan kecepatan angina. Penelitian dilakukan dengan menyusuri jalan diseluruh kawasan. Pengamatan dilakukan dengan metode observasi sesuai dengan keberadaan Cendawan. Kemudian melakukan identifikasi Cendawan, menghitung jumlah individu setiap jenis dan mengukur faktor lingkungan. Hasil penelitian selanjutnya dikaji potensinya sebagai sumber belajar biologi di SMA melalui tahapan identifikasi proses dan produk penelitian, seleksi dan modifikasi, serta penerapan hasil penelitian ke dalam organisasi instruksional. Sumber belajar tersebut selanjutnya dikemas dalam bentuk bahan ajar berupa modul. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu jenis Cendawan yang ditemukan pada kawasan Tlogo Muncar sebanyak 59 jenis. Cendawan yang ditemukan dengan persentase edibilitasnya yaitu 15% edible, 48% inedible, serta 37% Cendawan yang tidak diketahui. Setelah melakukan analisis menggunakan prosedur pengangkatan hasil penelitian sebagai sumber belajar Biologi, potensi keanekaragaman Cendawan di kawasan Tlogo Muncar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif sumber belajar Biologi materi Fungi yang dikemas dalam bentuk bahan ajar berupa modul untuk siswa SMA kelas X. Kualitas modul berdasarkan hasil penilaian Reviewer termasuk dalam kategori baik. Kata Kunci : Cendawan, Sumber Belajar Biologi, Modul

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Cendawan, Sumber Belajar Biologi, Modul
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 03:52
Last Modified: 29 Jan 2019 17:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8358

Actions (login required)

View Item View Item