Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas V SDN se-Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen

Hartono, Nanda Rizqi (2024) Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas V SDN se-Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_nanda rizqi hartono_20604221017.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani peserta didik kelas V SDN se Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah 241 peserta didik kelas V SDN se Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen, terdiri dari 114 peserta didik laki-laki dan 127 peserta didik perempuan. Instrumen yang digunakan adalah tes TKJI tahun 2010 yang telah teruji untuk anak usia 10-12 tahun. Analisis data dilakukan dengan menggunakan deskripsi persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kebugaran jasmani peserta didik kelas V SDN se Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen masuk dalam kategori “Kurang”. Dengan rincian persentase sebesar 50% (121 peserta didik) yang masuk dalam kategori “Kurang”. Selain itu, terdapat 39% (93 peserta didik) berada pada kategori “Sedang”, 7% (17 peserta didik) berada pada kategori “Baik”, dan 4% (10 peserta didik) berada pada kategori “Kurang Sekali”. Tidak ada peserta didik yang masuk dalam kategori “Baik Sekali” 0% (0 Peserta didik).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Riky Dwihandaka, M.Or.
Uncontrolled Keywords: kebugaran jasmani, peserta didik, Sekolah Dasar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Oct 2024 08:38
Last Modified: 03 Oct 2024 08:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83572

Actions (login required)

View Item View Item