Pengaruh Self-Efficacy, Latar Belakang Orang Tua dan Prestasi Belajar terhadap Minat Siswa SMK Berwirausaha Bidang Agronomi di Kabupaten Tanah Bumbu

Hidayah, Noor (2012) Pengaruh Self-Efficacy, Latar Belakang Orang Tua dan Prestasi Belajar terhadap Minat Siswa SMK Berwirausaha Bidang Agronomi di Kabupaten Tanah Bumbu. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-noor-hidayah-10702259046.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh self-efficacy terhadap minat siswa berwirausaha dalam bidang agronomi; 2) pengaruh latar belakang orang tua terhadap minat siswa berwirausaha dalam bidang agronomi; 3) pengaruh prestasi belajar terhadap minat siswa berwirausaha dalam bidang agronomi; dan 4) pengaruh self-efficacy, latar belakang orang tua, dan prestasi belajar terhadap minat siswa berwirausaha dalam bidang agronomi. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan mengumpulkan fakta-fakta berdasarkan pengukuran terhadap gejala yang terjadi pada responden. Penelitian ini merupakan penelitian populasi di mana subjek penelitian adalah 100 siswa SMK kelas III, yang terdiri dari 38 siswa SMK Negeri 1 Simpang Empat, 34 siswa SMK Negeri 1 Kusan Hilir dan 28 siswa SMK Negeri 1 Sungai Loban. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket yang berisi pernyataan-pernyataan yang menyangkut faktor-faktor self-efficacy, latar belakang orang tua, dan prestasi belajar serta minat berwirausaha. Uji validasi instrumen menggunakan korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan deskripsi data dan analisis regresi berganda. Hasil analisis data menunjukkan gambaran bahwa secara kumulatif self efficacy 50%, latar belakang orang tua 53%, prestasi belajar 48% dan minat berwirausaha 75% masuk pada kategori rendah dan sangat rendah. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa self-efficacy memberikan sumbangan pengaruh terhadap minat berwirausaha sebesar 0,165 (16,5%). Latar belakang orang tua memberikan sumbangan pengaruh sebesar 0,272 (27,2%) terhadap minat berwirausaha dan prestasi belajar memberikan sumbangan pengaruh sebesar 0,159 (15,9%) terhadap minat berwirausaha. Sedangkan sumbangan pengaruh self-efficacy, latar belakang orang tua, dan prestasi belajar terhadap minat berwirausaha secara bersama-sama adalah sebesar 34,9%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa variabel self-efficacy, latar belakang orang tua dan prestasi belajar memberikan pengaruh terhadap minat berwirausaha dengan persentase yang kecil, sementara 65,1% minat berwirausaha dipengaruhi oleh variabelvariabel selain variabel penelitian ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Self-efficacy, latar belakang orang tua, prestasi belajar dan minat berwirausaha
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 03:51
Last Modified: 29 Jan 2019 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8357

Actions (login required)

View Item View Item