PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR AGRESI MILITER BELANDA II SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS KELAS VI SD NEGERI KOTAGEDE 5

Rachmawati, Cindy (2024) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR AGRESI MILITER BELANDA II SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS KELAS VI SD NEGERI KOTAGEDE 5. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Full text Skripsi Cindy Rachmawati NIM 20108241039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Kurangnya variasi media pembelajaran IPS yang digunakan guru menjadi latar belakang dari pengembangan produk. Pengembangan ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran dengan materi upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia yaitu buku cerita bergambar materi Perjanjian Renville dan Agresi Militer Belanda II yang layak dan praktis untuk digunakan oleh peserta didik kelas VI SD Negeri Kotagede 5. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang dibatasi menjadi 3D sehingga hanya pada tahap define, design, and develop. Pengembangan ini diujicobakan kepada 1 pendidik dan 26 peserta didik kelas VI SD Negeri Kotagede 5. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan skala penilaian untuk teknik pengumpulan data. Untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif kuantitatif. Kelayakan dari media buku cerita bergambar “Agresi Militer Belanda II” dinilai oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli materi mendapatkan rata - rata skor 4,3 yang masuk pada kriteria sangat layak. Hasil validasi ahli media mendapatkan rata - rata skor 4,95 yang juga masuk pada kriteria sangat layak. Kepraktisan dari media buku cerita bergambar “Agresi Militer Belanda II” dinilai oleh pendidik dan peserta didik kelas VI SD Negeri Kotagede 5. Pada uji coba lapangan awal, buku cerita bergambar “Agresi Militer Belanda II” mendapatkan rata - rata skor 4,63 yang berarti sangat praktis. Pada uji coba lapangan utama, mendapatkan rata - rata skor 4,28 yang juga masuk pada kriteria sangat praktis. Media buku cerita bergambar “Agresi Militer Belanda II” dinilai sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPS kelas VI. Kata Kunci : Agresi Militer, Buku Cerita Bergambar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Oct 2024 03:00
Last Modified: 03 Oct 2024 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83531

Actions (login required)

View Item View Item