PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SDN BABADSARI KECAMATAN KUTOWINANGUN MENGGUNAKAN METODE SQ3R

Dini, Naufan Alfa (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SDN BABADSARI KECAMATAN KUTOWINANGUN MENGGUNAKAN METODE SQ3R. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP_Naufan Alfa Dini_18108241109.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan pada kelas IV SDN Babadsari tentang keterampilan membaca intensif siswa khususnya dalam menemukan ide pokok suatu teks bacaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan hasil keterampilan membaca intensif siswa menggunakan metode SQ3R pada muatan Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri Babadsari Kecamatan Kutowinangun tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan PTK kolaboratif. Desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Tahap dalam penelitian meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), refleksi (reflection). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Babadsari yang beralamat di Babadsari, Kutowinangun, Kebumen, Jawa Tengah. Jumlah subjek penelitian yaitu berjumlah 28 siswa dengan 12 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data dilakukan dengan deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Penelitian berhasil apabila ≥75% dari jumlah siswa tuntas yaitu berada pada kategori baik dan atau sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan membaca intensif siswa pada pra tindakan sebesar 46,42 mengalami kenaikan sebanyak 4,4 menjadi 50,82. Siklus II juga mengalami kenaikan dari 50,82 menjadi 78,96 kenaikan terjadi sebesar 28,14 dimana angka tersebut sudah bisa disebut sebagai kriteria yang baik. Peningkatan keterampilan membaca intensif siswa menggunakan metode SQ3R dapat meningkatkan keterampilan akan membaca intensif siswa seperti untuk memudahkan mereka dalam mencari ide pokok atau gagasan utama dari suatu teks bacaan. Siswa sebaiknya tetap memerhatikan arahan dari guru dan guru dalam pembelajarannya dapat menggunakan metode SQ3R. Kata kunci: intensif, keterampilan, membaca, SQ3R

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Oct 2024 02:11
Last Modified: 03 Oct 2024 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83522

Actions (login required)

View Item View Item