PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SQ3R PADA PESERTA DIDIK KELAS IV B SDN GEDONGKIWO

Azzahra, Diyah Rahmawati (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SQ3R PADA PESERTA DIDIK KELAS IV B SDN GEDONGKIWO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI FULL DIYAH RAHMAWATI AZZAHRA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan, (1) peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui metode SQ3R pada peserta didik kelas IV B SDN Gedongkiwo; (2) untuk mengetahui hasil proses peningkatan pembelajaran kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV B SDN Gedongkiwo melalui metode SQ3R. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & McTaggart yang berlangsung dalam dua siklus tindakan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gedongkiwo yang terletak di Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B dengan jumlah 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan metode SQ3R dapat meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV B SDN Gedongkiwo. Peserta didik lebih aktif dan antusias pada setiap kegiatan pembelajaran yang ditandai dengan banyaknya peserta didik bersemangat dalam mengikuti setiap kegiatan. Peningkatan rerata hasil tes membaca pemahaman pada siklus I sebesar 11,5, yang kondisi awal 65,9 meningkat menjadi 77,4 dengan 71% peserta didik sudah tuntas. Pada siklus II, rerata tes membaca pemahaman meningkat sebesar 7,4 menjadi 84,8 dengan 86% peserta didik dinyatakan tuntas. Saran yang diberikan penulis adalah (1) guru diharapkan dapat menggunakan metode SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik; (2) peserta didik diharapkan memiliki keinginan untuk membaca secara mandiri mengikuti langkah-langkah metode SQ3R; (3) penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi untuk peneliti melakukan penelitian selanjutnya. Kata kunci: kemampuan membaca pemahaman, metode SQ3R, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:40
Last Modified: 02 Oct 2024 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83502

Actions (login required)

View Item View Item