Pengembangan E-learning Mata Pelajaran Teknik Pengukuran di SMK Negeri 1 Simpang Empat

Yusuf, Muhammad (2012) Pengembangan E-learning Mata Pelajaran Teknik Pengukuran di SMK Negeri 1 Simpang Empat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-yusuf-10702259040.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media e-learning mata pelajaran teknik pengukuran dengan spesifikasi model dan isi yang ditetapkan, (2) mengetahui kelayakan media e-learning mata pelajaran teknik pengukuran, dan (3) mengetahui keefektifan mata pelajaran teknik pengukuran dengan e-learning. Jenis penelitian adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada tahap perencanaan dan desain dilakukan ongoing evaluation hingga menjadi produk awal. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi ahli media dan ahli materi (tes alfa) untuk mengeliminasi permasalahan prosedur, kesesuaian dengan tujuan, dan alur komunikasinya. Setelah dilakukan revisi produk awal, maka dilakukan Tes Beta yang melibatkan siswa untuk mengetahui kekurangan e-learning. Media e-learning mata pelajaran teknik pengukuran diujicobakan kembali (uji coba produk) pada sekelompok siswa untuk mengetahui kekurangannya, dan kemudian direvisi pada tingkat akhir. Setelah itu dilakukan Tes Sumatif untuk mengetes e-learning mata pelajaran teknik pengukuran dalam pembelajaran nyata. Tes Beta dan Tes Sumatif melibatkan siswa. Siswa peserta Tes Beta sebanyak tiga orang. Pada tahap Tes Sumatif, menggunakan dua kelas yaitu kelas X TP 1 dan kelas X TP 2 di mana masing-masing kelas terdiri dari 37 orang. Kelas X TP 2 adalah sampel kelas dengan media e-learning mata pelajaran teknik pengukuran dan X TP 1 dengan media presentasi. Hal ini dibuat untuk mengetahui bahwa keefektifan pembelajaran teknik pengukuran menggunakan media e-learning lebih baik dari kelas yang menggunakan media presentasi. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut. (1) Media e-learning mata pelajaran teknik pengukuran yang dihasilkan adalah sebuah sistem manajemen pembelajaran (LMS) online yang dibuat dengan software aplikasi moodle. E-learning teknik pengukuran menyajikan materi-materi teknik pengukuran untuk kelas X TP, SK mengukur dengan alat ukur mekanik presisi, KD menjelaskan cara penggunaan alat ukur mekanik presisi dan menggunakan alat ukur mekanik presisi beserta tes dan tugas-tugasnya. (2) Media e-learning teknik pengukuran layak sebagai media pembelajaran teknik pengukuran berdasarkan validasi ahli media, ahli materi, dan siswa, kelayakannya mencapai rerata skor 3,29 (kategori “sangat baik”). (3) Keefektifan pembelajaran teknik pengukuran dengan menggunakan media e-learning mata pelajaran teknik pengukuran lebih baik daripada media presentasi berdasarkan pencapaian hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, e-learning, teknik pengukuran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 03:06
Last Modified: 29 Jan 2019 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8350

Actions (login required)

View Item View Item