PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS 4 KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL

Prastiwi, Yosi (2024) PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS 4 KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Yosi Prastiwi_20108241032_SKRIPSI FINAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh signifikan variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar IPAS, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPAS, dan 3) pengaruh variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPAS siswa kelas V SD se-Gugus 4 Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian ex post facto. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD se-Gugus 4 Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul sejumlah 144 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket. Uji validitas menggunakan penilaian ahli. Sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel X1 memiliki nilai t hitung 2,404 > 1,976 sehingga terdapat pengaruh signifikan variabel variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar IPAS. Pada variabel X2 memiliki nilai t hitung 6,755 > 1,976 sehingga diartikan bahwa variabel motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPAS. Berdasarkan uji F menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 26,572 > 3,06 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan variabel variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPAS. Jika dilihat dari nilai Adjusted R Square 0,263 yang menunjukkan bahwa variabel variasi gaya mengajar guru dan motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar sebesar 26,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata kunci: variasi gaya mengajar, motivasi belajar, prestasi belajar, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 Oct 2024 07:33
Last Modified: 01 Oct 2024 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83479

Actions (login required)

View Item View Item