Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Program Pelatihan Keterampilan Kerja pada Loka Latihan Kerja (LLK) Selong Kabupaten Lombok Timur (Studi Kasus Alumni Pelatihan Tahun 2011)

Rizka, Muhammad Arief (2012) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Program Pelatihan Keterampilan Kerja pada Loka Latihan Kerja (LLK) Selong Kabupaten Lombok Timur (Studi Kasus Alumni Pelatihan Tahun 2011). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-arief-rizka-10704251011.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat keberhasilan pelatihan keterampilan kerja pada alumni pelatihan LLK Selong dana APBN tahun 2011. Selain itu untuk menganalisis: 1) pengaruh langsung latar belakang pendidikan formal peserta, kemampuan instruktur, dan dukungan sarana prasarana terhadap proses pembelajaran dalam pelatihan; 2) pengaruh langsung proses pembelajaran terhadap prestasi belajar peserta dalam pelatihan; 3) pengaruh langsung prestasi belajar peserta terhadap keberhasilan pelatihan keterampilan kerja; 4) pengaruh tidak langsung latar belakang pendidikan formal peserta, kemampuan instruktur, dan dukungan sarana prasarana terhadap prestasi belajar peserta melalui proses pembelajaran dalam pelatihan; 5) pengaruh tidak langsung latar belakang pendidikan formal peserta, kemampuan instruktur, dan dukungan sarana prasarana terhadap keberhasilan pelatihan keterampilan kerja melalui proses pembelajaran dan prestasi belajar peserta dalam pelatihan; dan 6) pengaruh tidak langsung proses pembelajaran terhadap keberhasilan pelatihan keterampilan kerja melalui prestasi belajar peserta dalam pelatihan. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subjek penelitian sebanyak 85 orang alumni pelatihan LLK Selong. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Uji validasi instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis regresi ganda, dan dilanjutkan dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keberhasilan pelatihan keterampilan kerja alumni LLK Selong dana APBN tahun 2011 berada dalam kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa; 1) terdapat pengaruh langsung yang positif latar belakang pendidikan formal peserta (32,7%), kemampuan instruktur (30,9%), dan dukungan sarana prasarana (26,7%) terhadap proses pembelajaran dalam pelatihan; 2) terdapat pengaruh langsung yang positif proses pembelajaran (27,8%) terhadap prestasi belajar peserta dalam pelatihan; 3) terdapat pengaruh langsung yang positif prestasi belajar peserta (25,0%) terhadap keberhasilan pelatihan keterampilan kerja; 4) terdapat pengaruh tidak langsung yang positif latar belakang pendidikan formal peserta (9,0%), kemampuan instruktur (8,5%), dan dukungan sarana prasarana (7,4%) terhadap prestasi belajar peserta melalui proses pembelajaran dalam pelatihan; 5) terdapat pengaruh tidak langsung yang positif latar belakang pendidikan formal peserta (2,3%), kemampuan instruktur (2,1%), dan dukungan sarana prasarana (1,9%) terhadap keberhasilan pelatihan keterampilan kerja melalui proses pembelajaran dan prestasi belajar peserta dalam pelatihan; dan 6) tedapat pengaruh langsung (27,6%) dan tidak langsung (6,9%) yang positif proses pembelajaran terhadap keberhasilan pelatihan keterampilan kerja melalui prestasi belajar peserta dalam pelatihan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keberhasilan pelatihan keterampilan kerja
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 03:06
Last Modified: 29 Jan 2019 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8346

Actions (login required)

View Item View Item