Faktor Pendukung Pelaksanaan Pembelajaran Renang Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Wates

Sugiarto, Bambang Putrawati (2024) Faktor Pendukung Pelaksanaan Pembelajaran Renang Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Wates. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_bambang putrawati sugiarto_18601244039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi faktor pendukung pelaksanaa pembelajaran renang pada siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Wates. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan sebelum melakukan pembelajaran renang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Wates. Sampel penelitian berjumlah 120 peserta didik dengan teknik propotional random sampling. Angket yang digunakan mengikuti penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Wahyu Utomo yang telah valid dan reabilitasnya sudah diuji sejumlah 31 butir pernyataan dengan nilai reabilitasnya 0.961. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda melalui google form. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran renang siswa kelas XI SMA Negeri 2 Wates adalah kategori sedang, dengan presentase guru 20,5%, siswa 26,6%, materi 16,1%, sarana dan prasarana 18% dan lingkungan 18,8%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or.
Uncontrolled Keywords: faktor pendukung, pembelajaran renang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:21
Last Modified: 08 Oct 2024 04:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83435

Actions (login required)

View Item View Item