Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Kemampuan Passing Bawah Permaianan Bola Voli Siswa Putra Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli MTsN 6 Sleman

Wanindra, Ainul Haris (2024) Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Kemampuan Passing Bawah Permaianan Bola Voli Siswa Putra Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli MTsN 6 Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_ainul haris wanindra_20601244113.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kekuatan otot lengan dan koordinasi mata tangan dengan kemampuan passing bawah bola voli siswa putra ekstrakurikuler di MTSN 6 Sleman. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian terdiri dar 20 siswa putra yang aktif mengikuti ekstrakurikuler bola voli di MTSN 6 Sleman. Kekuatan otot lengan menggunakan instrument tes push-up, koordinasi mata tangan yaitu tes lempar tangkap bola tenis, dan kemampuan passing bawah diukur menggunakan instrument tes dari Depdiknas. Darta yang terkumpul dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan terhadap kemampuan passing bawah siswa putra ekstrakurikuler di MTSN 6 Sleman, dengan nilai r hitung 0,522 > r tabel 0,444 dan sumbangan sebesar 63,102%. Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan terhadap kemampuan passing bawah siswa putra ekstrakurikuler di MTSN 6 Sleman, dengan nilai r hitung 0,809> r tabel 0,444 dan sumbangan sebesar 2,4534%. Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dan koordinasi mata tangan dengan kemampuan passing bawah siswa putra ekstrakurikuler di MTSN 6 Sleman, dengan nilai F hitung 16,171 > F tabel (2-17) 3,59 dan sumbangan sebesar 65,5554%. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang singnifikan antara kekuatan otot lengan dan kordinasi mata tangan dengan kemampuan pssing bawah siswa putra peserta ekstrakurikuler bola voli MTSN 6 Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Danang Pujo Broto, M.Or.
Uncontrolled Keywords: kekuatan, koordinasi, otot, passing, tangan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Sep 2024 09:13
Last Modified: 23 Sep 2024 09:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83365

Actions (login required)

View Item View Item