Pengembangan Aplikasi RhythmicGym Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Senam Irama Peserta Didik SMP Kota Yogyakarta

Andini, Desi (2024) Pengembangan Aplikasi RhythmicGym Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Senam Irama Peserta Didik SMP Kota Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_desi andini_20733251015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran materi aktivitas gerak berirama masih dirasa sulit bagi banyak peserta didik khususnya materi ayunan lengan dan langkah kaki. Selain itu, kurangnya pengetahuan guru pendidikan jasmani terhadap sumber belajar senam irama yang valid dan sesuai bagi peserta didik. Solusinya yaitu aplikasi RhythmicGym berbasis Android sebagai media penyampaian pembelajaran senam irama yang menarik dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi Rhythmicgym berbasis android untuk meningkatkan keterampilan senam irama peserta didik SMP Kota Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Subyek penelitian terbagi menjadi lima kelompok, yaitu: (1) tiga dosen ahli (2) uji skala kecil di ujicoba kan pada 36 peserta didik dan satu guru Pendidikan Jasmani, (3) uji skala besar diujicoba kan pada 72 peserta didik dan satu guru Pendidikan Jasmani (4) uji kepraktisan produk diujikan pada 36 peserta didik, (5) uji efektivitas diujikan pada 36 peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan rubrik amatan. Teknik analisis data pada uji validasi menggunakan analisis Aiken V, angket uji kelayakan dan kepraktisan dianalisis menggunakan skala likert Uji efektivitas dianalisis menggunakan paired t-test. Desain produk yang dikembangkan berupa aplikasi Android bernama RhtymicGym untuk meningkatkan keterampilan senam irama peserta didik SMP Kota Yogyakarta. Aplikasi RhtymicGym dapat di instal dan dioperasikan pada smartphone Android. Hasil uji validasi instrumen materi, media, dan instrumen uji efektivitas, diperoleh rerata nilai Aiken V secara berturut-turut senilai 0.883, 0.937, dan 0.908 dengan kategori validitas sangat tinggi. Hasil uji reliabilitas instrumen untuk instrumen materi, media, dan instrumen uji efektivitas secara berturut-turut dengan nilai Alpha Cronbach’s sebesar 0.761, 0.652, dan 0.690, maka instrumen dinyatakan reliabel. Hasil uji coba skala kecil kepada 36 peserta didik dan satu guru Pendidikan Jasmani menunjukkan persentase sebesar 78% dengan kategori layak. Hasil uji coba skala besar yang di ujicobakan kepada 72 peserta didik dan satu Guru Pendidikan Jasmani menunjukkan persentase sebesar 81% dengan kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan kepada 36 peserta didik menunjukkan persentase sebesar 75% dengan kategori praktis. Hasil uji efektvitas terhadap 36 peserta didik mendapatkan nilai signifikansi dari uji t-test sebesar 0.000< 0.005, maka dapat dinyatakan produk efektif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi RhytmicGym berbasis android dinyatakan valid, reliabel, layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan senam irama peserta didik SMP Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Pamuji Sukoco, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: apilkasi android, keterampilan, senam irama
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Sep 2024 04:29
Last Modified: 26 Sep 2024 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83344

Actions (login required)

View Item View Item