Hubungan Rasa Percaya Diri dan Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi Peserta Didik Ekstrakurikuler Sepak Bola SMP Negeri 2 Mlati Tahun 2024

Samosir, Partogi Maruli Tua (2024) Hubungan Rasa Percaya Diri dan Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi Peserta Didik Ekstrakurikuler Sepak Bola SMP Negeri 2 Mlati Tahun 2024. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_partogi maruli tua samosir_20601241130.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengacu pada tujuan penelitian untuk mengetahuti hubungan rasa percaya diri dengan motivasi berprestasi ekstrakurikuler sepak bola SMP Negeri 2 Mlati, untuk mengetahui hubungan peran orang tua dengan motivasi berprestasi pesertar didik ekstrakurikuler sepak bola SMP Negeri 2 Mlati tahun 2024, untuk mengetahui hubungan rasa percaya diri dan peran orang tua terhadap motivasi berprestasi peserta didik ekstrakurikuler sepak bola SMP Negeri 2 Mlati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak bola SMP Negeri 2 Mlati dengan jumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan total sampling karena jumlah sampel nya sedikit dan kurang dari 100 peserta didik (Arikunto,2017, p. 104). Teknik pengumpulan data untuk variabel rasa percaya diri dengan menggunakan angket variabel peran orang tua dengan menggunakan angket dan variabel motivasi berprestasi juga menggunakan angket. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan analisis product moment dari Pearson. Analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis korelasi dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). adanya hubungan yang signifikan antara rasa percaya diri dengan motivasi berprestasi peserta didik ekstrakurikuler sepak bola SMP Negeri 2 Mlati dengan korelasi sebesar 0,861 dengan signifikan sebesar 0,000, (2). Adanya hubungan yang signifikan antara peran orang tua terhadap motivasi berprestasi peserta didik esktrakurikuler sepak bola SMP Negeri 2 Mlati dengan korelasi sebesar 0,804 dengan signifikan sebesar 0,000: (3). Adanya signifikansi antara rasa percaya diri dan peran orang tua terhadap motivasi berprestasi peserta didik ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 2 Mlati dengan nilai koefisien F hitung sebesar 59,624 dengan signifikakn sebesar 0,005. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan rasa percaya diri dan peran orang tua dengan motivasi berprestasi peserta didik esktrakurikuler SMP Negeri 2 Mlati tahun 2024.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: berprestasi, motivasi, peran orang tua, percaya diri, sepak bola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Sep 2024 07:32
Last Modified: 24 Sep 2024 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83296

Actions (login required)

View Item View Item