Korelasi Konsentrasi dan Koordinasi Mata Tangan Dengan Kemampuan Shooting Peserta Ekstrakurikuler Bola Basket di SMA Negeri 1 Jepara

Abdullah, Muhammad Kevin (2024) Korelasi Konsentrasi dan Koordinasi Mata Tangan Dengan Kemampuan Shooting Peserta Ekstrakurikuler Bola Basket di SMA Negeri 1 Jepara. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_muhammad kevin abdullah_20601244131.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsentrasi dan koordinasi mata-tangan dengan kemampuan shooting pada siswa peserta ekstrakurikuler bola basket di SMA Negeri 1 Jepara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2024 di SMA Negeri 1 Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket yang berjumlah 18. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk tes konsentrasi adalah grid test, tes koordinasi mata-tangan dengan bola tangan, dan tes keterampilan shooting bola basket. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran. Analisis data menggunakan uji prasyarat, dan uji hipotesis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan antara konsentrasi dengan kemampuan shooting permainan bola basket peserta ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Jepara dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05: (2) ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata-tangan dengan kemampuan shooting permainan bola basket peserta ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Jepara dengan nilai signifikansi sebesar 0,005 < 0,05:, (3) Ada hubungan yang signifikan antara konsentrasi dan koordinasi mata-tangan dengan kemampuan shooting permainan bola basket peserta ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Jepara dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudia derajat hubungan antara variabel konsentrasi (X1) dan koordinasi mata-tangan (X2) dengan keterampilan shooting (Y) yaitu termasuk kedalam kategori korelasi tinggi, dilihat dari nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,959.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Dimyati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: konsentrasi, koordinasi mata-tangan, keterampilan shooting bola basket
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:44
Last Modified: 24 Sep 2024 03:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83286

Actions (login required)

View Item View Item