Rian Galih, Pradani (2012) PERBEDAAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN MEDIA KOMPUTER MENGGUNAKAN MODEL SIMULASI TERTUTUP DAN MODEL SIMULASI TERBUKA DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING SKILLS) PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS DI SMA N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
1. Halaman awal.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1- 08302241042.pdf Download (181kB) | Preview |
|
![]() |
Text
bab 2 - 08302241042.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
babV - 08302241042.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
|
|
Text
lampiran 1.pdf Download (67kB) | Preview |
|
![]() |
Text
lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
|
|
Text
silabus.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
2a. RPP simulasi tertutup.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
2b. RPP simulasi terbuka.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran 2.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
3a. LKS tertutup 01 seri [kunci].pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
3a. LKS tertutup 01 seri.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
3b. LKS tertutup 02 paralel [kunci].pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
3b. LKS tertutup 02 paralel.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3c. LKS terbuka 01 seri [kunci].pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
3c. LKS terbuka 01 seri.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
3d. LKS terbuka 02 paralel [kunci].pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
3d. LKS terbuka 02 paralel.pdf Download (847kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran 3.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran 4.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
4b. KBK kinerja paralel.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
4a. KBK kinerja seri.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
5a. soal kognitif posttest [kisi penilaian].pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
5a. soal kognitif posttest [kunci].pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
5a. soal kognitif posttest.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
5b. afektif.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
5c. psikomotorik.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran 5.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
6a. daftar subjek penelitian.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
6b. data nilai KBK dan HB.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran 6.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
7a. reliabilitas.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
7b. normalitas populasi.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
7c. homogenitas varians.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran 7.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
8a. uji-t.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
8b. uji regresi.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran 8.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pada pembelajaran fisika berbantuan media komputer model simulasi tertutup dan simulasi terbuka ditinjau dari keterampilan berpikir kritis (Critical Thinking Skills), serta untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, menggunakan Randomized Pretest Posttest Comparison Group Design. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah Cluster Random Sampling, yaitu dengan cara mengundi untuk mencari dua kelas dari sejumlah kelas yang ada secara acak. Kelas eksperimen I mendapat pembelajaran menggunakan model simulasi tertutup, kelas eksperimen II mendapat pembelajaran menggunakan model simulasi terbuka. Nilai UAS semester gasal 2011/2012 digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan instrumen observasi keterampilan berpikir kritis, soal posttest untuk mengetahui hasil belajar kognitif, serta lembar observasi ranah afektif dan psikomotor. Pengujian hipotesis untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis menggunakan Uji Independent Sample T-Test. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar digunakan analisis regresi. Tingkat signifikansi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5%. Hasil penelitian menunjukan tidak ada perbedaan yang signifikan pada pembelajaran Fisika berbantuan media komputer menggunakan model simulasi tertutup dan simulasi terbuka ditinjau dari keterampilan berpikir kritis khususnya pokok bahasan listrik dinamis, dengan thitung -0.285 < ttabel 2,000. Selain itu terdapat pengaruh signifikan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar ranah kognitif, psikomotor dan afektif pada kedua kelas eksperimen kecuali ranah afektif kelas simulasi terbuka. Besarnya koefisien regresi pada kelas simulasi tertutup pada masing-masing ranah hasil belajar bertutut-urut adalah 0,966; 0,629; dan 0,482; yang menunjukkan tingkat pengaruh yang sangat kuat, kuat dan sedang. Sedangkan pada kelas simulasi terbuka memiliki koefisien regresi berturut-urut sebesar 0,762; 0,428; dan 0,112; dengan tingkat pengaruh kuat, sedang dan sangat rendah. Kata kunci: Keterampilan berpikir kritis, simulasi komputer, hasil belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berpikir kritis, simulasi komputer, hasil belajar. |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Dec 2012 03:03 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8307 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |