PERBEDAAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN MEDIA KOMPUTER MENGGUNAKAN MODEL SIMULASI TERTUTUP DAN MODEL SIMULASI TERBUKA DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING SKILLS) PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS DI SMA N 2 YOGYAKARTA

Rian Galih, Pradani (2012) PERBEDAAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN MEDIA KOMPUTER MENGGUNAKAN MODEL SIMULASI TERTUTUP DAN MODEL SIMULASI TERBUKA DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING SKILLS) PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS DI SMA N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1. Halaman awal.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1- 08302241042.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
bab 2 - 08302241042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
babV - 08302241042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img]
Preview
Text
lampiran 1.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img]
Preview
Text
silabus.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2a. RPP simulasi tertutup.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2b. RPP simulasi terbuka.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran 2.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3a. LKS tertutup 01 seri [kunci].pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3a. LKS tertutup 01 seri.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3b. LKS tertutup 02 paralel [kunci].pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3b. LKS tertutup 02 paralel.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3c. LKS terbuka 01 seri [kunci].pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3c. LKS terbuka 01 seri.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3d. LKS terbuka 02 paralel [kunci].pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3d. LKS terbuka 02 paralel.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran 3.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran 4.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4b. KBK kinerja paralel.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4a. KBK kinerja seri.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5a. soal kognitif posttest [kisi penilaian].pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5a. soal kognitif posttest [kunci].pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5a. soal kognitif posttest.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5b. afektif.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5c. psikomotorik.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran 5.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6a. daftar subjek penelitian.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6b. data nilai KBK dan HB.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran 6.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7a. reliabilitas.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7b. normalitas populasi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7c. homogenitas varians.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran 7.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8a. uji-t.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8b. uji regresi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran 8.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pada pembelajaran fisika berbantuan media komputer model simulasi tertutup dan simulasi terbuka ditinjau dari keterampilan berpikir kritis (Critical Thinking Skills), serta untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, menggunakan Randomized Pretest Posttest Comparison Group Design. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah Cluster Random Sampling, yaitu dengan cara mengundi untuk mencari dua kelas dari sejumlah kelas yang ada secara acak. Kelas eksperimen I mendapat pembelajaran menggunakan model simulasi tertutup, kelas eksperimen II mendapat pembelajaran menggunakan model simulasi terbuka. Nilai UAS semester gasal 2011/2012 digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan instrumen observasi keterampilan berpikir kritis, soal posttest untuk mengetahui hasil belajar kognitif, serta lembar observasi ranah afektif dan psikomotor. Pengujian hipotesis untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis menggunakan Uji Independent Sample T-Test. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar digunakan analisis regresi. Tingkat signifikansi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5%. Hasil penelitian menunjukan tidak ada perbedaan yang signifikan pada pembelajaran Fisika berbantuan media komputer menggunakan model simulasi tertutup dan simulasi terbuka ditinjau dari keterampilan berpikir kritis khususnya pokok bahasan listrik dinamis, dengan thitung -0.285 < ttabel 2,000. Selain itu terdapat pengaruh signifikan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar ranah kognitif, psikomotor dan afektif pada kedua kelas eksperimen kecuali ranah afektif kelas simulasi terbuka. Besarnya koefisien regresi pada kelas simulasi tertutup pada masing-masing ranah hasil belajar bertutut-urut adalah 0,966; 0,629; dan 0,482; yang menunjukkan tingkat pengaruh yang sangat kuat, kuat dan sedang. Sedangkan pada kelas simulasi terbuka memiliki koefisien regresi berturut-urut sebesar 0,762; 0,428; dan 0,112; dengan tingkat pengaruh kuat, sedang dan sangat rendah. Kata kunci: Keterampilan berpikir kritis, simulasi komputer, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berpikir kritis, simulasi komputer, hasil belajar.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 03:03
Last Modified: 29 Jan 2019 17:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8307

Actions (login required)

View Item View Item