PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENGAWASI MUTU BUSANA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

WIDA, RIYANDANI (2012) PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENGAWASI MUTU BUSANA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover =WIDA RIYANDANI.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1 =WIDA RIYANDANI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text
bab2 =WIDA RIYANDANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
bab5 =WIDA RIYANDANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
lampiran =WIDA RIYANDANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengungkap dan menganalisis 1) pelaksanaan pembelajaran model cooperative learning tipe Numbered Heads Together untuk meningkatkan aktivitas tanya jawab pada pembelajaran mengawasi mutu busana di SMK N 6 Yogyakarta; 2) peningkatan aktivitas tanya jawab pada pembelajaran mengawasi mutu busana melalui model cooperative learning tipe NHT di SMK N 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain model Kemmis dan Taggart dengan empat tahapan yang meliputi (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 6 Yogyakarta dengan subjek penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Kelas yang terpilih adalah XI Busana Butik 2 yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Uji validitas berdasarkan kepada judgement expert seperti ahli model pembelajaran, ahli materi dan guru mata diklat mengawasi mutu busana. Hasil validasi menunjukkan bahwa model dan instrumen dinyatakan sudah valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach’s dengan nilai 0.718 untuk lembar observasi penilaian sikap.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas tanya jawab pada pembelajaran mengawasi mutu busana yang dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa (b) menyajikan informasi, (c) mengorganisasikan siswa dalam kelompok kooperatif , (d) diskusi kelompok, (e) evaluasi dan (f) memberikan penghargaan; 2) Aktivitas tanya jawab pada pembelajaran mengawasi mutu busana melalui cooperative learning tipe Numbered Heads Together mengalami peningkatan sebesar 21.96%, terbukti dari nilai rata-rata yang dicapai siklus I 36.8 dan meningkat menjadi 44.63 pada siklus II. Dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu aktivitas tanya jawab pada pembelajaran mengawasi mutu busana meningkat melalui model cooperative learning tipe Numbered Heads Together terbukti. Artinya melalui model cooperative learning tipe Numbered Heads Together siswa menunjukkan antusiasme, perhatian dan semangat yang tinggi, partisipasi secara aktif bertanya , menjawab dan menanggapi pada saat pembelajaran dan diskusi. Kata Kunci : Aktivitas tanya jawab, mengawasi mutu busana, model cooperative learning tipe Numbered Heads Together

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas tanya jawab, mengawasi mutu busana, model cooperative learning tipe Numbered Heads Together
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 03:01
Last Modified: 29 Jan 2019 17:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8306

Actions (login required)

View Item View Item