Hubungan Antara Kualitas Tidur dan Aktivitas Fisik Dengan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas X MAN 3 Klaten

Nurohman, Faisal (2024) Hubungan Antara Kualitas Tidur dan Aktivitas Fisik Dengan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas X MAN 3 Klaten. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_faisal nurohman_20601241027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas dan aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani pada siswa kelas X MAN 3 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan februari 2024 di MAN 1 Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X MAN 3 Klaten dengan jumlah siswa 180 anak dengan sampel sejumlah 55 siswa. Instrumen yang digunakan survey untuk mengukur kualitas tidur dan aktivitas fisik, sedangkan untuk mengukur kebugaran jasmani menggunakan metode tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dengan kebugaran jasmani, dengan nilai signifikansi sebesar 0,082<0,05. Ada hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani siswa kelas X di MAN 3 Klaten dengan nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05. Kemudian tidak ada hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dan aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani siswa kelas X di MAN 3 Klaten. Artinya jika aktivitas fisik semakin baik maka kebugaran jasmani menjadi semakin baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Agus Susworo Dwi Marhaendro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: siswa, aktivitas fisik, kebugaran
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:31
Last Modified: 13 Sep 2024 07:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83050

Actions (login required)

View Item View Item