Peningkatan Keterampilan Dasar Passing Bawah Bola Voli Menggunakan Modifikasi Permainan Bola Gantung Pada Siswa Kelas V di SD Nogotirto Yogyakarta

Satria, Farizal (2024) Peningkatan Keterampilan Dasar Passing Bawah Bola Voli Menggunakan Modifikasi Permainan Bola Gantung Pada Siswa Kelas V di SD Nogotirto Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_farizal satria_20604221023.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli dengan menggunakan alat modifikasi bola gantung pada siswa kelas V SDN Nogotirto Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Nogotirto Yogyakarta sebanyak 28 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes keterampilan passing bawah, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui upaya alat modifikasi bola gantung dapat meningkatkan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli. Nilai rata-rata pembelajaran keterampilan passing bawah siklus 1 sebesar 82,4%. Persentase ketuntasan siklus 1 meningkat hingga kategori tuntas sebanyak 25 siswa (89,3%). Perolehan skor rata-rata partisipasi siswa siklus 1 sebesar 81.68% dan persentase partisipasi siswa pada siklus 1 sebagian besar dalam kategori baik sebanyak 19 siswa (67,9%). Perolehan skor rata-rata sikap siswa siklus 1 sebesar 78,3% dan persentase sikap pada siklus 1 sebagian besar dalam kategori baik sebanyak 15 siswa (53,6%).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Riky Dwihandaka, M.Or.
Uncontrolled Keywords: keterampilan passing bawah, alat modifikasi bola gantung
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:23
Last Modified: 13 Sep 2024 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83048

Actions (login required)

View Item View Item