PENGEMBANGAN MODUL SULAMAN BEBAS PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KERUMAHTANGGAAN DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA

Weny, Kristiani (2012) PENGEMBANGAN MODUL SULAMAN BEBAS PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KERUMAHTANGGAAN DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Weny-Kristiani.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul sulaman bebas pada mata pelajaran keterampilan kerumahtanggaan di SMP Negeri 4 Yogyakarta, 2) menguji kelayakan modul sulaman bebas pada mata pelajaran keterampilan kerumahtanggaan di SMP Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Develompemnt/penelitian dan pengembangan). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall dengan enam langkah pengembangan yaitu : 1) analisis kebutuhan modul, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi dan revisi, 4) uji coba kelompok kecil, 5) uji coba kelompok besar, 6) produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan pada Mei-Juni 2012. Penelitian ini mengembangkan produk berupa modul sulaman bebas. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa dari kelas VII di SMP Negeri 4 Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa: 1) modul sulaman bebas yang sudah layak untuk pembelajaran keterampilan kerumahtanggaan di SMP Negeri 4 Yogyakarta, 2) kelayakan modul sulaman bebas untuk pembelajaran keterampilan kerumahtanggaan di SMP Negeri 4 Yogyakarta. Kelayakan modul sulaman bebas melalui tiga tahap sebagai berikut : a) uji validasi dan rancangan modul, hasil yang diperoleh semua expert (100%) menyatakan layak, b) uji coba kelompok kecil sebanyak 10 siswa menyatakan modul sulaman bebas menarik sebagai media pembelajaran, c) uji coba kelompok besar sebanyak 31 siswa menunjukkan 15 siswa (48,88%) dalam kategori sangat setuju, 15 siswa (48,97%) dalam kategori setuju dan 1 siswa (2,15%) dalam kategori kurang setuju. Secara keseluruhan modul sulaman bebas sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran keterampilan kerumahtanggaan di SMP Negeri 4 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul sulaman bebas, Pengembangan dan Kelayakan modul
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 02:58
Last Modified: 29 Jan 2019 17:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8303

Actions (login required)

View Item View Item