Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Peserta Didik Putri Kelas VII Dalam Mengikuti Pembelajaran Permainan Sepakbola di SMP Negeri 2 Kalasan

Abdatillah, Dinara Intan (2024) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Peserta Didik Putri Kelas VII Dalam Mengikuti Pembelajaran Permainan Sepakbola di SMP Negeri 2 Kalasan. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_dinara intan abdatillah_20601244152.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi peserta didik putri kelas VII dalam mengikuti pembelajaran permainan sepakbola di SMP Negeri 2 Kalasan. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode survei.Subjek penelitian ini adalah peserta didik putri kelas VII SMP Negeri 2 Kalasan, berjumlah 91 peserta didik putri. Instrument penelitian berupa angket dimana 20 angket di nyatakan valid dan nilai reliabilitas 0,898. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase yang terbagi dalam lima kategori yakni Sangat Baik, Baik, Cukup, Kurang, dan Sangat Kurang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pendukung motivasi peserta didik putri kelas VII dalam mengikuti pembelajaran permainan sepakbola di SMP Negeri 2 Kalasan berada pada kategori “cukup” dengan persentase sebesar 74,73% (68 peserta). Dengan rincian kategori “sangat baik” sebesar 0,00% (0 peserta), kategori “baik” sebesar 13,19% (12 peserta), kategori “cukup” sebesar 74,73% (68 peserta), kategori “kurang” sebesar 12,09% (11 peserta), dan kategori “sangat kurang” sebesar 0,00% (0 peserta). Simpulan dari hasil penelitian ini sebagai berikut. Faktor intrinsik yang paling dominan mempengaruhi motivasi peserta didik putri kelas VII dalam mengikuti pembelajaran permainan sepakbola di SMP Negeri 2 Kalasan yaitu indikator kesehatan. Faktor ekstrinsik yang mempengaruhi peserta didik putri kelas VII dalam mengikuti pembelajaran permainan sepakbola di SMP Negeri 2 Kalasan termasuk dalam kategori cukup untuk semua indikator Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa faktor internal sangat berpengaruh terhadap motivasi peserta didik putri dalam mengikuti pembelajaran sepakbola di SMP Negeri 2 Kalasan terutama pada indikator kesehatan sedangkan faktor ekstrernal tidak begitu mempengaruhi.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or.
Uncontrolled Keywords: motivasi, pembelajaran, sepakbola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Aug 2024 09:39
Last Modified: 26 Aug 2024 09:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83026

Actions (login required)

View Item View Item