Faktor-Faktor Pendukung Pelaksanaan Pembelajaran Permainan Bola Voli Pada Peserta Didik Kelas VIIIA & VIII B di MTs Negeri 6 Sleman

Ikaprilia, Sekar Dhina (2024) Faktor-Faktor Pendukung Pelaksanaan Pembelajaran Permainan Bola Voli Pada Peserta Didik Kelas VIIIA & VIII B di MTs Negeri 6 Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_sekar dhina ikaprilia_20601244027.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran permainan bola voli di MTs Negeri 6 Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didi k kelas VIII A & VIII B di MTs Negeri 6 Sleman yang berjumlah 63 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif kuantitatif dengan persentase yang terbagi dalam lima kategori yakni Sangat Tinggi, Baik, Cukup, Kurang, dan Sangat Kurang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase faktor pendukung pembelajaran permainan bola voli kelas VIII A & VIII B di MTs Negeri 6 Sleman berdasarkan faktor Internal indikator fisik dengan persentase sebesar 62,97% dan psikologis persentase sebesar 65,88%. Persentase Faktor pendukung pembelajaran permainan bola voli kelas VIII A dan VIII B di MTs Negeri 6 Sleman berdasarkan faktor eksternal indikator guru dengan persentase sebesar 76,60%, indikator materi pembelajaran persentase sebesar 65,92%, indikator sarana dan prasarana persentase sebesar 66,16%, indikator lingkungan persentase sebesar 64,39%, dan indikator peran orang tua persentase sebesar 66,16%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran permainan bola voli di MTs Negeri 6 Sleman yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Suhadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: faktor pendukung, bola voli, pembelajaran
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Sep 2024 09:07
Last Modified: 11 Sep 2024 09:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83019

Actions (login required)

View Item View Item