Minat Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Materi Senam Lantai di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan

Putra, Resdy Ramadhan Budiman (2024) Minat Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Materi Senam Lantai di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_resdy ramadhan budiman putra_20601244119.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi senam lantai di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Instrumen penelitian menggunakan angket tertutup. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Moyudan yang berjumlah 220 peserta didik. Pengambilan jumlah sampel dengan mengikuti teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 32 peserta didik atau 15% dari populasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan presentase yang terbagi dalam lima kategori yakni Sangat Tinggi, Tinggi, Cukup, Rendah, dan Sangat Rendah. Hasil Penelitian menunjukan minat peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga, dan kesehatan materi senam lantai di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan dengan rincian kategori “sangat tinggi” sebesar 9,38% (3 peserta didik), “tinggi” sebesar 15,63% (5 peserta didik), “cukup” sebesar 56,25% (18 peserta didik), “rendah” 12,50% (4 peserta didik), “sangat rendah” 6,25% (2 peserta didik). Maka dapat disimpulkan bahwa minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK materi senam lantai di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan tidak begitu tinggi dengan kategori cukup.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ari Iswanto, M.Or.
Uncontrolled Keywords: minat, pembelajaran, dan senam lantai
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:19
Last Modified: 26 Aug 2024 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83014

Actions (login required)

View Item View Item