Survei Kesegaran Jasmani Peserta Didik Yang Mengikuti Ekstrakurikuler di SD Kanisius Kadirojo Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman

Faiz, Jihad Al (2024) Survei Kesegaran Jasmani Peserta Didik Yang Mengikuti Ekstrakurikuler di SD Kanisius Kadirojo Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_jihad al faiz_20604221064.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui kesegaran jasmani peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler di SD Kanisius Kadirojo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret 2024 menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, populasi yang digunakan yaitu peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler dengan jumlah sampel 56 Peserta didik. Instrumen penelitian ini menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan data menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk Peserta didik umur 10-12 tahun. Hasil penelitian menujukkan bahwa tingkat kesegaran jasmani peserta didik Ekstrakurikuler terdapat 16 peserta didik (28,57%) dalam kategori kurang sekali, 26 peserta didik (46,43%) kategori kurang, 14 peserta didik (25%) kategori sedang, dan tidak ada peserta didik yang termasuk dalam kategori baik 0 (0%) dan baik sekali 0 (0%). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler di SD Kanisius Kadirojo Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman mayoritas pada kategori kurang dalam kesegaran jasmani.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dra. A. Erlina Setyarini, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler, kesegaran jasmani, peserta didik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:21
Last Modified: 26 Aug 2024 02:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82994

Actions (login required)

View Item View Item