Yusuf, Sitti Qhusaifa (2024) Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Bentengan Terhadap Motivasi belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran PJOK di SMP Negeri 1 Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.
|
Text
fulltext_sitti qhusaifa yusuf_20601241020.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan olahraga tradisional bentengan terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Sleman. Desain penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Sleman, berjumlah 32 peserta didik. Instrument penelitian berupa angket dimana 15 angket dinyatakan valid dan nilai reliabilitas 0,907 Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji-t (paired sample t-test), yaitu untuk membandingkan nilai rerata pretest dan post-test sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh nilai thitung(-3,913) > ttabel(0,05)32(16,94) dan P (0,000) < α 0,05). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pemberian materi pemamainan tradisional bentengan terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Sleman dengan rerata pretest 42,50 setelah diberikan perlakuan rerata posttest 46,94 memperoleh peningkatan sebesar 4,44. Dihitung dalam persentase sebesar 10,45%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: Dr. AM. Bandi Utama, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | motivasi, permainan olahraga tradisional bentengan, pembelajaran PJOK |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 09:33 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 09:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82969 |
Actions (login required)
View Item |