Perbandingan Metode Latihan Interval Ekstensif Training dan Continous Run Terhadap Vo2max Atlet Lari 5000 Meter Pasi Gunungkidul

Mahardika, Agus Hari (2024) Perbandingan Metode Latihan Interval Ekstensif Training dan Continous Run Terhadap Vo2max Atlet Lari 5000 Meter Pasi Gunungkidul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_agus hari mahardika_17602241064.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan interval ekstensif dan continous run terhadap vo2max lari 5000 meter atlet Pasi Gunungkidul. Metode dalam penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan two group subject, yaitu kelompok eksperimen A dengan perlakuan interval ekstensif, dan kelompok eksperimen B dengan perlakuan contiious run. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet Pasi Gunungkidul. Sampel yang diambil berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 putra dan 10 putri. Instrumen yang digunakan adalah tes balke. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji t (paried sample t-test) Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada kelompok eksperimen interval ekstensif dengan thitung = 15.057 ttabel = 2.262 dan nilai signifikan p = 0.000 ˂ 0.05 kenaikan presentase sebesar 3,2% adanya perbedaan pada kelompok eksperimen continous run dengan dengan thitung = 4.630 ttabel = 2.262 dan nilai signifikan p = 0.001 ˂ 0.05, kenaikan presentase sebesar 2,5%. Latihan interval ekstensif lebih efektif dibandingkan dengan kelompok latihan continous run terhadap vo2max lari 5000 meter atlet Pasi Gunungkidul.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Ria Lumintuarso, M.Si.
Uncontrolled Keywords: continous run, interval ekstensif, latihan
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Aug 2024 04:02
Last Modified: 23 Aug 2024 04:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82967

Actions (login required)

View Item View Item