Tingkat Pemahaman Peserta Didik di SMP Negeri 1 Berbah Terhadap Peregangan Sebelum dan Sesudah Aktivitas Olahraga

Damini, Tiffany Aprilia (2024) Tingkat Pemahaman Peserta Didik di SMP Negeri 1 Berbah Terhadap Peregangan Sebelum dan Sesudah Aktivitas Olahraga. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_tiffany aprilia damini_20601241017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemahaman yang kurang baik tentang pentingnya peregangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas olahraga juga menjadi perhatian tersendiri. Peserta didik tampaknya kurang menyadari manfaat yang signifikan dari peregangan ini. Kurangnya kesadaran ini bisa mengakibatkan kurangnya partisipasi atau praktik peregangan yang tepat sebelum dan sesudah berolahraga. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik di SMP Negeri 1 Berbah Kabupaten Sleman terhadap peregangan sebelum dan sesudah aktivitas olahraga. Hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman peserta didik setiap kelas berbeda. Data menunjukkan bahwa kelas VII berada pada kategori tinggi, yaitu tingkat pemahaman peserta didik kelas VII terhadap pentignya peregangan sebelum dan sesudah aktivitas olahraga berjumlah 13 orang dengan total persentase 40,6%, sedangkan pada kelas VIII sebanyak 15 peserta didik sudah memahami pentingnya peregangan sebelum dan sesudah aktivitas olahraga, dengan kategori sedang sebesar 46,9%. Pada kelas IX berada pada kategori sedang sebesar 38,8% dengan jumlah peserta didik sebanyak 26 peserta didik yang paham terhadap peregangan sebelum dan sesudah aktivitas olahraga di SMP Negeri 1 Berbah Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Willy Ihsan Rizkyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: tingkat pemahaman, peregangan sebelum dan sesudah aktivitas olahraga, SMP Negeri 1 Berbah
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:15
Last Modified: 21 Aug 2024 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82895

Actions (login required)

View Item View Item