Virtual Reality Scuba Diving Simulator dengan Pendekatan Authentic Learning untuk Membangun Persepsi Wisatawan terhadap Wisata Bawah Laut.

Novian, Dian and Triyono, Moch Bruri (2024) Virtual Reality Scuba Diving Simulator dengan Pendekatan Authentic Learning untuk Membangun Persepsi Wisatawan terhadap Wisata Bawah Laut. S3 thesis, Sekolah Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_dian novian_20702261003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan model VR SCUBA Diving Simulator untuk pembelajaran pengenalan alat dan pemahaman aspek-aspek yang harus dipelajari dan dipahami dalam scuba diving serta dapat memberikan gambaran dunia bawah laut yang dapat menghadirkan sensasi suasana bawah laut dan (2) menguji kelayakan dan efektivitas model yang dihasilkan tersebut dengan pendekatan authentic learning untuk mengubah persepsi wisatawan terhadap wisata bawah laut. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analysis, design, develop, Implementation, Evaluation). Uji lapangan dilakukan pada sejumlah 200 wisatawan di Provinsi Gorontalo. Produk penelitian ini divalidasi oleh para ahli pada bidang keahlian persepsi, authentic learning, multimedia, UI/UX; dan instruktur scuba diving. Penelitian ini menghasilkan sebuah model virtual reality scuba diving simulator dengan pendekatan authentic learning untuk mengubah persepsi wisatawan terhadap wisata bawah laut, dengan hasil sebagai berikut. (1) Persepsi wisatawan untuk indikator kognitif sangat baik dengan rata-rata 93,188%; untuk indikator afektif sangat baik, dengan rata-rata 93,594%; untuk indikator konatif dengan rerata 90,465%. (2) Dalam hal authentic learning, pada indikator keterlibatan dalam pembelajaran, hasil rata-rata 93,46%, pada indikator proses pembelajaran nilai rata-rata 90,71%, pada indikator komunikasi nilai rata-rata 91,97%, dan pada indikator penilaian sendiri nilai rata-rata 84,63%. (3) Uji efektifitas menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dengan enam skala, di mana skala daya tarik, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan memperoleh hasil sangat baik sedangkan skala kejelasan memperoleh hasil baik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: authentic learning, ADDIE, persepsi, scuba diving, virtual reality
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:43
Last Modified: 26 Aug 2024 02:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82868

Actions (login required)

View Item View Item