MODIFIKASI REM TROMOLPADA HONDA GL PROMENJADI REM CAKRAM DENGAN APLIKASI TEKNOLOGI CBS(COMBI BRAKE SYSTEM)

HASNUL, ROKHANDY (2012) MODIFIKASI REM TROMOLPADA HONDA GL PROMENJADI REM CAKRAM DENGAN APLIKASI TEKNOLOGI CBS(COMBI BRAKE SYSTEM). D3 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan darimodifikasi rem tromol Honda GL PRO menjadirem cakram dengan teknologiCBSini adalah (1) Membuat rancanganrem tromol Honda GL PRO menjadirem cakram. (2) Membuat rancanganrem CBSpada sistem rem Honda GL PRO. (3) Memodifikasi rem tromol menjadirem cakrampada Honda GL PRO dan mengaplikasi teknologi CBS, dan (4) Mengetahui hasil modifikasi padaHonda GL PRO. Proses modifikasidiantaranya:(1) Modifikasi rem tromol menjadirem cakram dimulai dari pembuatan lubang untuk dudukan piringan, pembuatan dudukan master rem belakang,pengubahan tuas ayun pedal rem, pemasangan piringan pada dudukan piringan, pemasangan kaliper belakang, pemasangan master rem belakang,pemasangan selang rem belakang,pengisian minyak rem dan proses bleeding. (2) Aplikasi teknologi CBS setelah rem belakang dimodifikasidimulai daripembuatan pengganti baut penyalur fluidapadamaster rem depan, memodifikasi kaliper belakangyang berjenis piston ganda yaitu kerja piston pada kaliper dijadikan kerja piston tunggal kemudian pemindahan lubang intake fluida pada masing-masing piston dan penambahan lubang buangangin pada piston yangbelum terdapatlubang buang angin, dilanjutkan dengan proses pemasangan dimulai dari pemasangan master rem depan, pemasangan kaliper depan, pemasanganselang pada kaliper belakang dan kaliper depan kemudian pengisian minyak rempada master rem depan, prosesbleeding. Pengujiankinerja rem keseluruhan dilakukan dengan cara uji jalan, variabel yang dilihat adalah jarak pengereman pada kecepatan yang bervariasi. Hasilpengujian adalah sebagai berikut: Aplikasirem CBS ditambah rem cakram belakangmenunjukankinerja 40% lebih baikdibandingkan denganrem depancakram(standar) ditambah rem belakang tromol (standar) pada kecepatan 60 km/jam dan apabila kecepatan semakin ditingkatkan maka kinerja rem CBS ditambah rem belakangcakram akan semakin meningkat juga. Demikian hasil modifikasi rem tromol menjadicakramdengan aplikasi teknologi CBS, lebih baik daripadaremcakramataupun rem tromol.Kata kunci :Modifikasi, Remcakram, CBS.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Modifikasi, Remcakram, CBS.
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 02:40
Last Modified: 29 Jan 2019 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8281

Actions (login required)

View Item View Item