PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PJBL POKOK BAHASAN VOLUME

Nurfadillah, Alfi Kurnia (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PJBL POKOK BAHASAN VOLUME. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Artikel Skripsi_Alfi Kurnia Nurfadillah_20108244053_PGSD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan keterampilan berpikir logis matematis siswa melalui model PJBL berbantuan replika tabung dan kerucut pokok bahasan volume di kelas VA SD Negeri Sindurejan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri Sindurejan yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data mengunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir logis matematis berbantuan replika tabung dan kerucut di kelas VA SD Negeri Sindurejan melalui model pembelajaran PJBL. Hal ini dibuktitkan dari hasil tes menunjukkan peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I sebesar 41% menjadi 78% pada siklus II. Sedangkan hasil keterampilan berpikir logis matematis siswa juga meningkat dari kategori sedang pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II. Kata kunci: keterampilan berpikir logis matematis, project based learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:21
Last Modified: 26 Jul 2024 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82736

Actions (login required)

View Item View Item