PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN GUIDED WRITING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DERESAN KABUPATEN SLEMAN

Tyas, Lintang Cahyaning (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN GUIDED WRITING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DERESAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Lintang Cahyaning Tyas_20108241002_PGSD_Fulltext Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode guided writing dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi dan mengetahui peningkatan kemampuan menulis karangan narasi peserta didik kelas IV SD Negeri Deresan Kabupaten Sleman tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Deresan Kabupaten Sleman yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, tes, dan lembar observasi. Instrumen pengumpulan data secara kualitatif menggunakan lembar observasi dan secara kuantitatif menggunakan tes unjuk kerja kemampuan menulis karangan narasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Peningkatan proses ditunjukkan dengan peserta didik lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, aktif bertanya, aktif memberi saran kepada teman tentang karangan, dan lebih percaya diri tampil di depan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode guided writing dengan langkah-langkah yang meliputi: a) pramenulis, b) pendrafan, c) perbaikan, d) penyuntingan, dan e) publikasi dengan bimbingan pendidik dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran menulis karangan narasi peserta didik kelas IV SD Negeri Deresan Kabupaten Sleman. Hasil tes menunjukkan kemampuan menulis karangan narasi pada saat pratindakan dengan nilai rata-rata 68,25 yang terdiri 7 peserta didik (25%) dan 21 peserta didik belum tuntas (75%). Pada pelaksanaan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan pada pertemuan 1 dengan nilai rata-rata terdapat 15 peserta didik tuntas (54%) dan peserta didik yang belum tuntas terdapat 13 peserta didik (46%) dengan nilai rata-rata 74,82. Pada pertemuan kedua terjadi terdapat 17 peserta didik tuntas (60%) dan 11 peserta didik yang belum tuntas (40%) dengan nilai rata-rata 77,57. Pelaksanaan siklus II juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1, yaitu terdapat 21 peserta didik tuntas (75%) dan peserta didik yang belum tuntas terdapat 7 peserta didik (25%) dengan nilai rata-rata 79,21. Pada pertemuan kedua terjadi peningkatan terdapat 24 peserta didik tuntas (85%) dan peserta didik yang belum tuntas terdapat 4 peserta didik (35%) dengan nilai ratarata 82,28. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Karangan Narasi, Metode Guided Writing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:50
Last Modified: 25 Jul 2024 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82728

Actions (login required)

View Item View Item