PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOX PANCASILA MATERI SILA PANCASILA UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO V GUNUNGKIDUL

Rahmawati, Hestina Nur (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOX PANCASILA MATERI SILA PANCASILA UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI KARANGMOJO V GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI_Hestina Nur R_20108241007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran Smart Box Pancasila yang layak dan praktis digunakan oleh siswa kelas IV pada pembelajaran Pendidikan Pancasila terutama pada pokok bahasan sila-sila Pancasila. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan Borg & Gall dan dibatasi tujuh langkah, yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan produk, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk hasil uji awal, 6) uji coba lapangan utama, dan 7) revisi uji coba lapangan utama. Subjek uji coba lapangan awal adalah 3 siswa dan subjek uji coba lapangan utama adalah 12 siswa kelas IV SD Negeri Karangmojo V Gunungkidul. Kelayakan produk media pembelajaran diperoleh dari penilaian ahli materi, ahli media. Kepraktisan media diperoleh dari uji respon guru dan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara dan angket. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif rata-rata, presentase, dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Smart Box Pancasila yang dikembangkan telah layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran, terbukti dari hasil validasi ahli materi 90% dengan kategori “Sangat Layak” dan ahli media 91,4% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji coba lapangan utama memperoleh skor presentase 98% oleh siswa dan 97,8% oleh guru sehingga keduanya termasuk ke dalam kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran Smart Box Pancasila dinyatakan layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri Karangmojo V Gunungkidul. Kata Kunci: media pembelajaran, Pancasila, Smart Box

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Komputer
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:58
Last Modified: 17 Jul 2024 07:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82661

Actions (login required)

View Item View Item