PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MACAM- MACAM TUSUK HIAS BAGI SISWA KELAS X SMKN I PANDAK

ARUM, WINDANI (2012) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MACAM- MACAM TUSUK HIAS BAGI SISWA KELAS X SMKN I PANDAK. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI -08513241027.pdf

Download (997kB) | Preview
[img] Text
bab 1 -08513241027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
bab 2 -08513241027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
bab 5 -08513241027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
lampiran -08513241027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menghasilkan modul pembelajaran macam-macam tusuk hias sebagai media pembelajarn bagi siswa kelas X SMKN 1 Pandak; 2) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran macam-macam tusuk sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas X SMKN 1 Pandak. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan prosedur penelitian menggunakan model pengembangan modifikasi ADDIE model dan I Wayan Santyasa dengan tahapan yang dilakukan meliputi tahap analisis (analysis), tahap desain modul (design) dan tahap pengembangan (development). Kelayakan modul macam-macam tusuk hias ditinjau dari validasi 3 ahli media dan 3 ahli materi. Uji kelayakan keterbacaan modul oleh siswa dilakukan pada uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Uji coba kelompok kecil bertujuan untuk mengetahui hasil kepahaman siswa secara terbatas berupa saran dan komentar kemudian dianalisi dan direvisi, uji coba kelompok kecil dilakukan sebanyak 5 siswa dipilih secara simple random sampling, selanjutnya dilakukan uji coba lapangan sebanyak 32 siswa yang kemudian dianalisis dan menjadi hasil akhir produk modul sebagai media pembelajaran Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul macam-macam tusuk hias bagi siswa kelas X SMKN 1 Pandak berhasil dilakukan melalui penelitian dan pengembangan modul pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kaidah penulisan modul yang meliputi judul, kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, evaluasi, kunci jawaban dan daftar pustaka. Hasil validasi modul yang dilakukan oleh 3 ahli media menyatakan “layak” dengan skor rerata 24 dan 3 ahli materi menyatakan “layak” dengan skor rerata 18,7. Kelayakan modul dari uji coba keterbacaan dan pemahaman isi modul oleh siswa sebanyak 32, menunjukkan hasil prosentase 54,1% dalam kategori baik yang artinya siswa mudah memahami materi, memahami bahasa yang digunakan pada modul, dan tertarik dengan tampilan modul. Berdasarkan hasil dari validasi modul para ahli dan hasil dari uji coba siswa dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran macam-macam tusuk hias bagi siswa kelas X SMKN 1 Pandak dapat dinyatakan “layak dan baik” sebagai media pembelajaran siswa. Kata kunci : Pengembangan modul Pembelajaran, Macam-macam tusuk hias, dan Kelayakan modul

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan modul Pembelajaran, Macam-macam tusuk hias, dan Kelayakan modul
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 02:20
Last Modified: 29 Jan 2019 17:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8265

Actions (login required)

View Item View Item