Tingkat Kemampuan Motorik Peserta Didik Kelas IV A di SD Negeri Ringinharjo Kapanewon Bantul Kabupaten Bantul DIY

Dewi, Annisa Kurnia (2024) Tingkat Kemampuan Motorik Peserta Didik Kelas IV A di SD Negeri Ringinharjo Kapanewon Bantul Kabupaten Bantul DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_annisa kurnia dewi_20604224034.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat kemampuan motorik peserta didik kelas IV A di SD Negeri Ringinharjo Kapanewon Bantul Kabupaten Bantul DIY. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A Sekolah Dasar Negeri Ringinharjo Kapanewon Bantul Kabupaten Bantul DIY yang berjumlah 31 peserta didik. Teknik dalam pengambilan data menggunakan Total Sampling. Instrumen yang digunakan, yaitu berupa tes motor ability untuk sekolah dasar yang meliputi tes shuttle run 4x10 meter, tes lari cepat 30 meter, lempar tangkap bola jarak 1 meter dengan tembok, dan tes stork stand positional balance (Nurhasan, 2007). Analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan motorik Peserta didik kelas IV A di SD Negeri Ringinharjo berada pada kategori tingkat kemampuan motorik yang sedang. Dengan uraian sebanyak 0 siswa (0%) memiliki kemampuan motorik yang kurang sekali, sebanyak 8 siswa (28%) masuk dalam kategori kurang, 14 siswa (48%) masuk dalam kategori sedang, 7 siswa (24%) masuk dalam kategori baik, dan 0 siswa (0%) masuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Heri Yogo Prayadi, M.Or.
Uncontrolled Keywords: kemampuan motorik, peserta didik kelas IV A
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:23
Last Modified: 17 Jul 2024 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82639

Actions (login required)

View Item View Item