HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN SEWON

Adiningsih, Zeni Dwi (2024) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN SEWON. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi Zeni Dwi Adiningsih_20108241001_PGSD UNY 2020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan disiplin belajar siswa dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS. Ada banyak faktor yang berhubungan dengan proses pembelajaran, salah satu diantaranya adalah disiplin belajar. Tanpa adanya faktor disiplin belajar proses pembelajaran dimungkinkan mengalami kesulitan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Model penelitian yang digunakan adalah korelasi. Model korelasi dilakukan ketika ingin menguji hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Sewon yakni SD Negeri 1 Blunyahan, SD Negeri 2 Blunyahan, SD Monggang, SD Ngoto, SD Negeri 3 Jarakan, dan SD Bangunharjo. Yang berjumlah 180 siswa dan diambil sampel sebanyak 135 siswa secara acak. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data disiplin belajar adalah skala disiplin belajar siswa yang berjumlah 30 item dan diujicobakan pada 45 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan teknik expert judgement. Reliabilitas instrumen ini diketahui dengan menggunakan Croanbach’s Alpha. Untuk mengumpulkan data nilai pelajaran IPAS menggunakan teknik dokumentasi nilai rapor IPAS semester gasal dengan meminta kesediaan pihak sekolah. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji linearitas dan uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPAS siswa kelas IV SD seKecamatan Sewon. Besarnya hubungan atau korelasi antara variabel disiplin belajar dengan prestasi belajar yang ditunjukkan pada Pearson Correlation sebesar 0,845 dan nilai P 0,00<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel disiplin belajar dengan prestasi belajar. Kata kunci: Disiplin Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:12
Last Modified: 17 Jul 2024 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82637

Actions (login required)

View Item View Item