PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS ATAS SDN GAMBIRANOM

Ratnasetya, Diwyacitta Belia (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS ATAS SDN GAMBIRANOM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Diwyacitta Belia_PGSD_Tugas Akhir Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas atas SDN Gambiranom yang dibuktikan dengan hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Tujuan diadakan penelitian untuk menguji apakah ada pengaruh secara signifikan penggunaan media sosial TikTok terhadap prestasi belajar siswa kelas atas SDN Gambiranom. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas atas SDN Gambiranom yang berjumlah 161 siswa. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 123 siswa yang ditentukan dengan Rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likert untuk variabel penggunaan media sosial TikTok, sedangkan variabel prestasi belajar menggunakan teknik studi dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri dari indikator ketertarikan dan tujuan penggunaan media sosial TikTok. Pembuktian validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk EFA dan CFA. Uji reliabilitas menggunakan software JASP versi 18.3. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai p-value sebesar 0,793 sehingga p > 0,05. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial TikTok tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas atas SDN Gambiranom. Kata kunci: penggunaan TikTok, prestasi belajar, siswa sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Komputer > Komputer (Umum)
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:58
Last Modified: 17 Jul 2024 03:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82629

Actions (login required)

View Item View Item