PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR

Ekasari, Lintang Analisa (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
TAS_LINTANG ANALISA EKASARI - 20108241034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan kebutuhan pada suatu instrumen penilaian sikap yang digunakan di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan instrumen sikap kedisiplinan dan membuktikan kualitas instrumen penilaian sikap kedisiplinan. Pengembangan instrumen akan diimplementasikan pada siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Mardapi (2017) yang terdiri dari sepuluh langkah pengembangan. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian sebanyak 378 siswa kelas tinggi dari lima sekolah dasar di Kapanewon Ngemplak. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Penelitian ini menghasilkan data penelitian berupa tes skala likert instrumen penilaian sikap kedisiplinan. Penelitian dilakukan analisis dengan uji validitas isi menggunakan V-Aiken, uji coba keterbacaan, uji validitas konstruk dengan Exploratory Factor Analysis (EFA) dan Confirmatory Factor Analysis (CFA) menggunakan JASP 18.3, uji reliabilitas menggunakan JASP 18.3, analisis capaian norma, analisis capaian responden, dan analisis penilaian sikap kedisiplinan siswa dengan menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) konstruk instrumen yang dikembangkan dalam instrumen penilaian sikap kedisiplinan ini berupa penilaian diri peserta didik yang terdiri dari 30 butir pernyataan sikap kedisiplinan, kemudian setelah melakukan analisis menjadi 18 butir pernyataan sikap kedisiplinan yang digunakan untuk mengukur sikap kedisiplinan siswa. (2) Hasil analisis dari validitas isi tergolong tinggi dengan hasil rata-rata validasi isi 0.885, hasil validitas konstruk menunjukkan hasil valid dan fit, yaitu hasil analisis Chi-Square dengan P-Value <.001, RMSEA 0.058, GFI 0.993, dan CFI 0.879, serta reliabilitas instrumen reliabel untuk digunakan dengan coefficient α 0.821. (3) Instrumen penilaian sikap kedisiplinan tergolong baik dan memiliki tingkat penyimpangan yang kecil. Kata kunci : pengembangan, instrumen penilaian sikap kedisiplinan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Etika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:48
Last Modified: 17 Jul 2024 03:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82626

Actions (login required)

View Item View Item