PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS LAGU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA KELAS V SD N KEJAMBON 2

Rahmawati, Lutfia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS LAGU UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA KELAS V SD N KEJAMBON 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_Lutfia Rahmawati_19108244065.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan belum tersedianya media pembelajaran yang menarik di SD N Kejambon 2 dalam proses pembelajaran IPA materi sistem gerak manusia. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran video lagu sistem gerak manusia yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman materi sistem gerak manusia pada siswa kelas V SD N Kejambon 2. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model Four D (4-D) dengan empat tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Kejambon 2 yang berjumlah 15 siswa dan satu guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual berbasis lagu layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman materi sistem gerak manusia pada siswa kelas V SD N Kejambon 2. Kelayakan media pembelajaran diperoleh dari hasil validasi ahli materi yang mendapatkan rata-rata skor 5 dengan kategori sangat layak, sementara hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata skor 4,2 dengan kategori sangat layak. Kepraktisan media pembelajaran dinilai dari respon guru yang mendapatkan rata-rata skor 4,8 dengan kategori sangat praktis dan hasil respon siswa dengan rata-rata persentase 96% dengan kategori sangat praktis. Selain itu, untuk menilai keefektifan produk yang sudah dikembangkan, peneliti melaksanakan tes berupa pre test dan post test dengan mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,70 (tinggi). Hasil uji Wilcoxon Signed Ranks untuk mendukung perhitungan N-Gain adalah Asym.sig (2- failed) 0,002 (Hₒ ditolak). Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pemahaman, Sistem Gerak Manusia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:23
Last Modified: 17 Jul 2024 02:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82616

Actions (login required)

View Item View Item