Hubungan Antara Aktivitas Fisik dengan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Bulu Tangkis di SMP Negeri 2 Palimanan Kabupaten Cirebon

Maulinda, Wulan (2024) Hubungan Antara Aktivitas Fisik dengan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Bulu Tangkis di SMP Negeri 2 Palimanan Kabupaten Cirebon. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_wulan maulinda_20601244015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani peserta ekstrakurikuler bulu tangkis di SMP Negeri 2 Palimanan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bulu tangkis di SMP Negeri 2 Palimanan Kabupaten Cirebon yang berjumlah 36 peserta didik, dengan rincian 12 peserta didik putra dan 24 peserta didik putri. Teknik sampling menggunakan total sampling. Instrumen aktivitas fisik menggunakan The Physical Activity Questionnaire for Adolescent (PAQ-A) yang sudah dimodifikasi dan tingkat kebugaran jasmani diukur menggunakan tes TKSI untuk anak usia 13-15 tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pearson Correlation Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik terhadap kebugaran jasmani peserta ekstrakurikuler bulu tangkis di SMP Negeri 2 Palimanan Kabupaten Cirebon, dengan p-value < 0,05. Koefisien korelasi bernilai positif, artinya semakin tinggi aktivitas fisik, maka kebugaran jasmani akan semakin baik. Berdasarkan Koefisien Determinasi (R2) diketahui bahwa nilai koefisien determinasi R Square sebesar 0,470. Hal ini berarti sumbangan variabel aktivitas fisik terhadap kebugaran jasmani peserta ekstrakurikuler bulu tangkis di SMP Negeri 2 Palimanan Kabupaten Cirebon sebesar 47,00%, sedangkan sisanya sebesar 53,00% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Guntur, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik, kebugaran jasmani, ekstrakurikuler bulu tangkis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:21
Last Modified: 12 Jul 2024 04:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82587

Actions (login required)

View Item View Item