Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Permainan Bola Besar Berbasis Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kerjasama Peserta Didik Sekolah Menengah Atas

Pamungkas, Galih (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Permainan Bola Besar Berbasis Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kerjasama Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_galih pamungkas_21609261001.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis cooperative learning untuk meningkatkan motivasi dan kerjasama peserta didik Sekolah Menengah Atas, 2) menguji kelayakan pelaksanaan model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis cooperative learning untuk meningkatkan motivasi dan kerjasama peserta didik Sekolah Menengah Atas, 3) menguji kepraktisan pelaksanaan model pembelajaran pendidikan jasmani yang praktis berbasis cooperative learning untuk meningkatkan motivasi dan kerjasama peserta didik Sekolah Menengah Atas, 4) menganalisis efektifitas pelaksanaan model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis cooperative learning untuk meningkatkan motivasi dan kerja sama bagi peserta didik Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian ini yaitu menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu untuk skala terbatas menggunakan 1 orang Guru PJOK, 1 sekolah, dan 1 kelas peserta didik Sekolah Menengah Atas, untuk skala luas menggunakan 6 orang Guru PJOK, 6 sekolah dan 6 kelas peserta didik Sekolah Menengah Atas dan untuk uji efektivitas produk yang dikembangkan menggunakan 3 orang Guru PJOK, 3 sekolah dan 3 kelas peserta didik Sekolah Menengah Atas. Dalam penelitian ada empat instrumen pengumpulan data yaitu instrumen validasi ahli, instrumen uji kelayakan, uji kepraktisan dan instrumen uji keefektifan produk. Analisis uji validasi menggunakan formula Content Validity Ratio (CVR) dari Lawshe’s. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran pendidikan jasmani materi permainan bola besar berbasis cooperative learning untuk meningkatkan motivasi dan kerja sama Peserta didik Sekolah Menengah Atas. Hasil validasi tujuh ahli dengan menggunakan analisis formula CVR menyatakan bahwa nilai CVR di atas 0.5 mempunyai tingkat validitas moderat dan nilai CVR 1 mempunyai nilai tingkat validitas tinggi. Hasil uji kelayakan mendapatkan persentase 100%, yang berarti model pembelajaran sangat layak digunakan. Hasil uji kepraktisan diperoleh 92,18% yang berarti model pembelajaran sangat praktis digunakan. Hasil uji efektifitas menunjukan bahwa nilai rata-rata pertemuan pertama dan kedua sebesar 53.29, untuk nilai p Sig. sebesar .000. Sedangkan untuk pertemuan kedua dan ketiga sebesar 54.50, nilai p Sig. sebesar .000, untuk pertemuan ketiga dan kesatu sebesar 54.00, untuk nilai p Sig. sebesar .000, disebabkan nilai sig .000 < 0.05. Deangan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pendidikan jasmani materi permainan bola besar berbasis cooperative learning efektif untuk meningkatkan motivasi dan kerjasama peserta didik SMA.

Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: Promotpr: Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO Kopromotor: Prof. Dr. Komarudin, M.A.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, permainan bola besar, cooperative learning, motivasi, kerjasama.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:57
Last Modified: 10 Jul 2024 09:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82574

Actions (login required)

View Item View Item