PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN KARANGREJEK 1 KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Kurniawan, Vandy (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN KARANGREJEK 1 KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Fulltext TAS_Vandy Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca pemahaman kelas V di SD Negeri Karangrejek I, Kecamatan Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif yaitu berupa penelitian eksperimental. Desain penelitian yang dilakukan adalah eksperimental semu atau Quasi Experimental Design bentuk Non-randomized Pretest Posttest Control Group Design. Desain penelitian ini melibatkan dua kelompok yang dibandingkan, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA (21) dan VB (22) di SD Negeri Karangrejek I, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Teknik pengujian instrumen tes menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, indeks kesukaran dan indeks daya diskriminasi dengan bantuan program SPSS versi 26. Analisis data yang digunakan dengan uji-t melalui uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang diajarkan pada kelas VB SD Negeri Karangrejek I Kecamatan Wonosari memiliki pengaruh signifikan dalam kemampuan membaca pemahaman siswa. Dimana hasil uji-t memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran CIRC menerima skor rata-rata 82,68, sedangkan kelas yang diajarkan dengan model konvensional menerima skor ratarata 63,43. Kelas yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran CIRC memiliki rerata skor yang lebih tinggi dibanding dengan kelas yang dibelajarkan dengan model konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa Kelas V. Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), kemampuan membaca pemahaman, teks narasi sejarah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:21
Last Modified: 09 Jul 2024 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82563

Actions (login required)

View Item View Item