PENGEMBANGAN MEDIA KOSITUNG (KOLOM OPERASI HITUNG) PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS 1 DI SD NEGERI NGEMPLAK

Puasaningrum, Yainun (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KOSITUNG (KOLOM OPERASI HITUNG) PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS 1 DI SD NEGERI NGEMPLAK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Full text_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran KOSITUNG (Kolom Operasi Hitung) yang layak dan praktis untuk digunakan pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan di kelas I SD Negeri Ngemplak. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan tampilan yang menarik pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Adapun tahapan penelitian dan pengembangan berdasarkan model ADDIE yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluate. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Ngemplak dengan subjek penelitian berjumlah 12 peserta didik kelas I SD Negeri Ngemplak. Uji coba yang dilaksanakan yaitu uji coba one to one dan uji coba small group. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media KOSITUNG layak untuk digunakan untuk media pembelajaran materi operasi penjumlahan dan pengurangan pada kelas I SD Negeri Ngemplak, terbukti dari hasil validasi ahli materi mendapat persentase skor 97,33% (sangat layak) dan hasil validasi ahli media memperoleh skor 97,33% (sangat layak), 2) media KOSITUNG praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran materi operasi penjumlahan dan pengurangan pada kelas I SD Negeri Ngemplak, terbukti dari hasil respons pendidik pada uji coba one to one memperoleh persentase 80% (praktis) dan hasil respons oleh 3 peserta didik memperoleh persentase 96,67% (sangat praktis), serta untuk uji coba lapangan utama (small group) menunjukkan hasil respons pendidik memperoleh persentase 82% (sangat praktis) dan hasil respons oleh 12 peserta didik memperoleh persentase 98,12% (sangat praktis). Kata Kunci: media KOSITUNG, pengembangan, penjumlahan dan pengurangan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:06
Last Modified: 05 Jul 2024 07:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82540

Actions (login required)

View Item View Item