PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CONGKLAK KOMPONEN PANCASILA (COKOPAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIMBOL PANCASILA SISWA SD N 1 PRIGI

Istikomah, Titis Mutmaini (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CONGKLAK KOMPONEN PANCASILA (COKOPAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIMBOL PANCASILA SISWA SD N 1 PRIGI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_Titis Mutmaini Istikomah_20108244056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran congklak pada pembelajaran Pendidikan Pancasila yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep kelas I SD N 1 Prigi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) denngan model Borg & Gall (1983). Pada penelitian dan pengembangan ini hanya terdiri dari 9 tahap, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan bentuk produk awal, uji lapangan awal, revisi produk, uji lapangan utama, dan revisi produk untuk uji operasional, uji lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas 1 SD N 1 Prigi yang terdiri dari 6 siswa sebagai subjek uji lapangan awal, dan 12 siswa sebagai uji lapangan utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media COKOPAN yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman pemahaman konsep siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli media sebesar 4,3 yang masuk dalam kriteria layak. Kemudian, hasil validasi ahli materi sebesar 4,6 yang masuk dalam kriteria layak. Hasil penilaian guru dengan nilai sebesar 4,83 yang termasuk kriteria praktis. Hasil uji lapangan awal mendapatkan skor 97,4% yang termasuk pada kriteria praktis. Kemudian, pada hasil uji lapangan utama sebesar 98,07% dengan kriteria praktis. Tingkat keefektifan media pada kategori sedang dengan hasil 0,67 serta total peningkatan dari pretest ke posttest sebesar 31,11%. Kata kunci: pengembangan media congklak komponen Pancasila (COKOPAN), pembelajaran Pendidikan Pancasila, pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Jul 2024 06:36
Last Modified: 05 Jul 2024 06:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82528

Actions (login required)

View Item View Item