Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi Etnomatematika dan Teknologi dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Berpikir Kreatif, Kolaborasi, dan Motivasi.

Wawan, Wawan and Retnawati, Heri (2024) Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi Etnomatematika dan Teknologi dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Berpikir Kreatif, Kolaborasi, dan Motivasi. S3 thesis, Sekolah Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_wawan_17703261038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) prototype model pembelajaran matematika berbasis proyek terintegrasi etnomatematika dan teknologi, (2) kelayakan model pembelajaran matematika berbasis proyek terintegrasi etnomatematika dan teknologi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan kolaborasi, dan motivasi belajar, (3) kepraktisan model pembelajaran matematika berbasis proyek terintegrasi etnomatematika dan teknologi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan kolaborasi, dan motivasi belajar, dan (4) keefektifan model pembelajaran matematika berbasis proyek terintegrasi etnomatematika dan teknologi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan kolaborasi, dan motivasi belajar. Model pengembangan produk yang digunakan mengacu pada kerangka kerja Borg dan Gall yang memuat 10 tahapan pengembangan. Ujicoba model melibatkan para ahli, guru, observer, dan peserta didik kelas XI sekolah menengah atas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) angket need assessment; (2) lembar validasi untuk model, perangkat pembelajaran, dan instrumen penilaian; (3) lembar observasi keterlaksanaan model; (4) angket respons peserta didik; (5) angket respons guru, (6) tes kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif; (7) lembar observasi kemampuan kolaborasi; serta (8) angket motivasi belajar matematika. Kelayakan model dievaluasi berdasarkan penilaian para pakar dan praktisi senior menggunakan indeks validitas Aiken. Kepraktisan model dielaborasi berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan produk serta respons peserta didik dan guru dengan menggunakan kriteria penilaian ideal. Keefektifan model dianalisis menggunakan statistik uji parametrik yang meliputi: uji-t, One-Way MANOVA, dan n-gain setelah semua asumsi yang dipersyaratkan terpenuhi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Struktur sintaks model pembelajaran matematika berbasis proyek terintegrasi etnomatematika dan teknologi terdiri dari enam tahapan, yakni: (a) memulai dengan pertanyaan mendasar yang memuat etnomatematika, (b) merancang skema penyelesaian proyek berbasis etnomatematika, (c) menyusun jadwal penyelesaian proyek, (d) melaksanakan penyelesaian proyek berbasis etnomatematika dengan bantuan teknologi serta memonitor progres dan kinerja peserta didik dalam penyelesaian proyek, (e) menilai hasil pembelajaran, dan (f) merefleksikan pembelajaran. (2) Model pembelajaran matematika berbasis proyek terintegrasi etnomatematika dan teknologi telah dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli model. (3) Model pembelajaran matematika berbasis proyek terintegrasi etnomatematika dan teknologi telah dinyatakan praktis oleh para observer, guru dan peserta didik. (4) Model pembelajaran matematika berbasis proyek terintegrasi etnomatematika dan teknologi efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, berpikir kreatif, kolaborasi dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: berpikir kreatif, etnomatematika, kolaborasi, motivasi, pemecahan masalah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:49
Last Modified: 04 Jul 2024 03:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82516

Actions (login required)

View Item View Item