GAYA BAHASA DILIHAT BERDASARKAN DIKSI DAN STRUKTUR KALIMAT DALAM IKLAN DISPLAY WACANA IKLAN RAWIT PADA SURAT KABAR HARIAN JOGJA

Hendryanoor , Setiawan (2012) GAYA BAHASA DILIHAT BERDASARKAN DIKSI DAN STRUKTUR KALIMAT DALAM IKLAN DISPLAY WACANA IKLAN RAWIT PADA SURAT KABAR HARIAN JOGJA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-05210144010.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-05210144010.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-05210144010.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-05210144010.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-05210144010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji gaya bahasa dilihat berdasarkan diksi dan struktur kalimat dalam iklan display pada wacana iklan rawit pada surat kabar Harian Jogja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis diksi iklan display dalam wacana iklan rawit dan mengetahui gaya bahasa berdasarkan struktur kalimatnya pada iklan surat kabar Harian Jogja. Subjek penelitian ini adalah iklan display pada surat kabar Harian Jogja edisi Maret sampai April 2010. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan diksi dan gaya bahasa berdasarkan struktur kalimatnya dalam iklan display pada wacana iklan rawit pada surat kabar Harian Jogja. Data diperoleh dengan teknik pembacaan dan teknik catat. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human istrument). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan pragmatis dengan teknik pilah unsur penentu dan menggunakan teknik lanjutan yaitu teknik hubung banding menyamakan hal pokok (HBSP). Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan pengamatan dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) jenis diksi dibedakan menjadi dua, yaitu diksi berdasarkan makna kalimatnya dan jenis diksi berdasarkan luas tidaknya makna. Jenis diksi berdasarkan makna kalimatnya dibedakan atas denotasi dan konotasi, denotasi terdapat jenis iklan kesehatan, iklan otomotif, iklan elektronik, iklan kecantikan, iklan makanan, dan iklan telekomunikasi. Konotasi terdapat jenis iklan otomotif, iklan elektronik, iklan makanan, dan iklan telekomunikasi. Sementara itu, untuk jenis diksi berdasarkan luas tidaknya makna, yaitu kata umum dan kata khusus. Kata umum terdapat jenis iklan kesehatan, iklan otomotif, dan iklan elektronik. Kata khusus terdapat jenis iklan kesehatan, iklan otomotif, dan iklan elektronik. (2) Gaya bahasa berdasarkan struktur kalimatnya, dalam penelitian ini ditemukan adanya gaya bahasa klimaks, gaya bahasa anti klimaks, gaya bahasa paralelisme, gaya bahasa antitesis, dan gaya bahasa repetisi. Kata kunci: diksi, gaya bahasa berdasarkan struktur kalimatnya, iklan display, wacana iklan rawit.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: diksi, gaya bahasa berdasarkan struktur kalimatnya, iklan display, wacana iklan rawit
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 07:40
Last Modified: 29 Jan 2019 17:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8251

Actions (login required)

View Item View Item