KAJIAN KUAT TEKAN BETON DENGAN KALSIUM KARBONAT BUATAN SEBAGAI REPLACEMENT SEBAGIAN PORTLAND CEMENT

Buyung Wendi, Windaka (2012) KAJIAN KUAT TEKAN BETON DENGAN KALSIUM KARBONAT BUATAN SEBAGAI REPLACEMENT SEBAGIAN PORTLAND CEMENT. [Experiment/Research] (Submitted)

[img]
Preview
Text
A_STUDY_OF_COMPRESSIVE_STRENGTH_OF_CONCRETE_WITH_ARTIFICIAL_CALCIUM_CARBONATE_AS_REPLACEMENT_PART_OF_PORTLAND_CEMENT.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Di Indonesia pemakaian beton pada pembangunan insfrastruktur pada saat ini paling tinggi. Pemakaian beton yang tinggi akan berpengaruh pada ketersediaan material penyusunnya yaitu agregat halus, agregat kasar, air, dan semen. Umumnya komponen yang paling mahal dalam produksi beton adalah semen. Semen menjadi bahan pengikat antara agregat halus dan agregat kasar. Sehingga semen mengambil peran penting untuk mencapai kuat tekan beton yang direncanakan. Semen yang digunakan secara terus menerus dalam jangka panjang akan mengurangi ketersediaan bahan penyusun semen. Oleh karena itu pada penelitian ini dikaji pengaruh kalsium karbonat buatan sebagai replacement sebagian semen terhadap kuat tekan beton. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kalsium karbonat buatan ( KKB ) sebagai replacement sebagian Portland Cement. Prosentase kalsium karbonat pada penelitian ini sebesar 5% dan 10% dari berat semen. Penelitian ini dimulai dengan pengujian modulus kehalusan butir kalsium karbonat buatan dan kadar air kalsium karbonat dan dilanjutkan dengan pengujian terhadap material lainnya. Langkah selanjutnya adalah pembuatan benda uji yang berupa silinder beton berukuran 150 mm x 300mm untuk beton non kkb dan beton kkb. Pengujian kuat tekan beton dilakukan dengan uji tekan. Pengujian dilakukan pada saat beton berumur 3, 7, dan 28 hari. Hasil penelitian menunjukan bahwa kuat tekan beton tanpa kalsium karbonat buatan sebesar 14,4166 MPa. Sedangkan beton dengan kalsium karbonat buatan 5% memiliki kuat tekan sebesar 16,7964 MPa. Beton dengan kalsium karbonat buatan 10% memiliki kuat tekan sebesar 17,1050 MPa. Beton tanpa kalsium karbonat buatan dan beton dengan kalsium karbonat buatan memililiki kekuatan yang tidak berbeda jauh atau lebih tinggi beton dengan kalsium karbonat buatan yaitu beton dengan kalsium karbonat buatan 5% sebesar 16,51% dari beton non kkb. Sedangkan untuk 10% sebesar 18,65% dari beton non kkb. Sehingga Kalsium Karbonat buatan memungkinkan digunakan sebagai raplacement sebagian Portland Cement..

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2012 04:55
Last Modified: 02 Oct 2012 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item View Item